Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Internet di 2019 Meningkat, Perangkat Mobile Jadi Penyumbang Terbesar

Kompas.com - 19/02/2020, 15:07 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan berjalannya waktu, pengguna internet semakin beralih dari perangkat desktop (PC) ke mobile (smartphone, tablet) untuk mengakses konten favoritnya di dunia maya.

Hal tersebut diketahui dari riset terbaru bertajuk "2020 Digital Trends" yang dilakukan oleh perusahaan internet, SimilarWeb.

Di dalam riset ini, disebutkan bahwa trafik web yang berasal dari perangkat mobile, meningkat 30,6 persen sejak 2017 hingga 2019.

Sementara trafik dari perangkat desktop menurun 3,3 persen dalam periode yang sama.

Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna internet lebih banyak memanfaatkan perangkat mobile ketimbang desktop untuk mengakses sebuah situs.

Grafik pengguna mobile yang semakin meningkat ketimbang desktop untuk mengakses situs.SimilarWeb Grafik pengguna mobile yang semakin meningkat ketimbang desktop untuk mengakses situs.
Kendati trafik dari perangkat mobile meningkat, jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna di sebuah halaman situs justru menurun.

Berdasarkan riset SimilarWeb, waktu yang dihabiskan oleh pengguna ketika berada di sebuah halaman, baik yang diakses melalui desktop atau mobile, menurun 49 detik dalam periode 2017 hingga 2019.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kebiasaan pengguna masa kini yang gemar mencari intisari dari informasi yang mereka baca di sebuah situs.

Setelah menemukan intisari tersebut, mereka kemudian beralih ke situs lainnya untuk mencari informasi yang kemungkinan serupa.

Baca juga: Rusia Klaim Berhasil Ciptakan Jaringan Internet Sendiri

Selain itu, pengguna mobile juga diketahui sering mengakses situs dengan jenis yang bervariasi. 

Selama tahun 2019, keseluruhan trafik dari situs dewasa, situs judi, makanan dan minuman, binatang dan hewan peliharaan, kesehatan, komunitas, olahraga, dan situs gaya hidup, disebut didominasi oleh pengguna mobile.

Grafik besaran jenis situs yang diakses oleh pengguna mobile (kuning) dan desktop.(biru dongker).SimilarWeb Grafik besaran jenis situs yang diakses oleh pengguna mobile (kuning) dan desktop.(biru dongker).
Pengguna mobile juga tampak mulai doyan mengakses situs berita, otomotif, travel, situs untuk sekadar mencari referensi, hingga situs finansial.

Dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (19/2/2020) atas dasar itulah SimilarWeb juga menyarankan agar para pembuat situs web memperhatikan tampilan web versi mobile.

Hal tersebut dilakukan agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna internet mobile.

Terlepas dari itu, SimilarWeb juga mencatat adanya peningkatan trafik untuk situs populer di dunia.

Baca juga: Apple Dikabarkan Bikin Satelit Internet untuk iPhone

Dalam periode 2017 hingga 2019, pengunjung di 100 situs teratas tercatat meningkat sebanyak 11,8 persen, dengan rata-rata jumlah pengunjung mencapai 223 miliar per bulan.

Sementara sebagian besar trafik web masih didominasi oleh 10 situs teratas, yakni Google, YouTube, Facebook, Baidu, Wikipedia, Amazon, Twitter, Instagram, Yahoo, dan Xvideos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com