Trafik Internet di 2019 Meningkat, Perangkat Mobile Jadi Penyumbang Terbesar

Kompas.com - 19/02/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi pengguna internet. ShutterstockIlustrasi pengguna internet.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Seiring dengan berjalannya waktu, pengguna internet semakin beralih dari perangkat  desktop (PC) ke  mobile (smartphone, tablet) untuk mengakses konten favoritnya di dunia maya.

Hal tersebut diketahui dari riset terbaru bertajuk "2020 Digital Trends" yang dilakukan oleh perusahaan internet, SimilarWeb.

Di dalam riset ini, disebutkan bahwa trafik web yang berasal dari perangkat mobile, meningkat 30,6 persen sejak 2017 hingga 2019.

Sementara trafik dari perangkat desktop menurun 3,3 persen dalam periode yang sama.

Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna internet lebih banyak memanfaatkan perangkat mobile ketimbang desktop untuk mengakses sebuah situs.

Grafik pengguna mobile yang semakin meningkat ketimbang desktop untuk mengakses situs.SimilarWeb Grafik pengguna mobile yang semakin meningkat ketimbang desktop untuk mengakses situs.
Kendati trafik dari perangkat mobile meningkat, jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna di sebuah halaman situs justru menurun.

Berdasarkan riset SimilarWeb, waktu yang dihabiskan oleh pengguna ketika berada di sebuah halaman, baik yang diakses melalui desktop atau mobile, menurun 49 detik dalam periode 2017 hingga 2019.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kebiasaan pengguna masa kini yang gemar mencari intisari dari informasi yang mereka baca di sebuah situs.

Setelah menemukan intisari tersebut, mereka kemudian beralih ke situs lainnya untuk mencari informasi yang kemungkinan serupa.

Baca juga: Rusia Klaim Berhasil Ciptakan Jaringan Internet Sendiri

Selain itu, pengguna mobile juga diketahui sering mengakses situs dengan jenis yang bervariasi. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X