Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S20 Ultra Cetak Rekor Layar Ponsel Terbaik

Kompas.com - 19/02/2020, 18:49 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seri ponsel flagship dari Samsung langganan mendapat gelar "layar terbaik" dari DisplayMate, lembaga penguji segala jenis layar -termasuk smartphone.

Demikian juga dengan Galaxy S20 Ultra tahun ini yang diganjar nilai "A+" sekaligus gelar sebagai "ponsel dengan layar terbaik" oleh DisplayMate setelah melalui rangkaian pengujiannya.

"Sejak pertama kali digunakan di seri ponsel Samsung Galaxy, layar OLED selaku mengalami peningkatan di tiap generasi baru. Galaxy S20 Ultra menaikkan standarnya lebih jauh dengan signifikan," tulis DisplayMate dalam laporannya.

Baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Galaxy S20 Ultra menggunakan layar OLED, tepatnya jenis "dual-edge curved screen Flexible OLED" yang diproduksi oleh Samsung sendiri, menurut DisplayMate.

Panel layar itu berdiagonal 6,9 inci dengan resolusi 3.200 x 1. 440 piksel (3K Quad HD+) aspect ratio 20:9, tingkat kerapatan piksel 551 PPI, serta refresh rate hingga 120 Hz.

Galaxy S20 Ultra turut memecahkan atau menyamai 12 rekor pengukuran kualitas layar dari DisplayMate, termasuk tingkat kecerahan maksimum (peak brightness) tertinggi, rasio kontras tertinggi, dan tingkat pantulan layar (reflectance) terendah.

Tingkat kecerahan layar Galaxy S20 Ultra tercatat sebesar 823 nits hingga 1.342 nits. Sementara, iPhone 11 memiliki kecerahan layar 770 nits hingga 905 nits.

Baca juga: Mengukur Kinerja Samsung Galaxy S20 Ultra, Seberapa Kencang?

Untuk tingkat pantulan, Galaxy S20 Ultra mencatat mirror reflection sebesar 5,4 persen cahaya dipantulkan. sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Rabu (19/2/2020).

"Pantulan Galaxy S20 Ultra nyaris menyentuh titik terendah untuk smartphone yang pernah kami uji. Hasil ini penting untuk tingkat keterbacaan layar, kualitas gambar, dan akurasi warna," lanjut DisplayMate.

Selengkapnya, hasil pengujian DisplayMate atas layar Galaxy S20 Ultra dapat dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com