Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Kenalkan Chip Modem 5G Snapdragon X60

Kompas.com - 20/02/2020, 07:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber AnandTech

KOMPAS.com - Pekan ini, pabrikan chip Qualcomm memperkenalkan chip modem 5G teranyarnya, Snapdragon X60.

Chip tersebut merupakan generasi ketiga dari chip modem 5G yang digadang Qualcomm, di mana generasi pertama adalah Snapdragon X50 (2016) sementara generasi kedua adalah Snapdragon X55 (2019).

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Snapdragon X60 5G kini dibekali dengan sejumlah teknologi mutakhir. 

Salah satu yang menarik adalah proses manufaktur sang chip modem ini diklaim mengandalkan teknologi fabrikasi 5nm (nanometer) pertama di dunia.

Baca juga: Realme X50 Pro 5G Dipastikan Punya Enam Kamera dan Zoom 20x

Teknologi tersebut memungkinkan chip modem berukuran lebih mungil dan efisien tetapi tak kalah powerful ketimbang generasi sebelumnya yang menggunakan proses fabrikasi 7nm.

Selain teknologi fabrikasi, chip modem Snapdragon X60 5G ini juga mendukung carrier aggregation (CA), atau bisa disebut penggabungan kanal, antara spektrum Sub-6 dan mmWave yang menjanjikan kecepatan akses internet yang lebih tinggi.

Chip modem Snapdragon X60 5G dengan modul RF dan antenna mmWave .Macworld Chip modem Snapdragon X60 5G dengan modul RF dan antenna mmWave .

Bahkan, Qualcomm mengklaim kecepatan download bisa mencapai 7,5 Gbps, sementara kecepatan upload mampu menyentuh angka 3 Gbps. 

Untuk menawarkan kecepatan internet yang optimal, Qualcomm juga menghadirkan modul antena frekuensi mmWave teranyar, yakni QTM535, yang diklaim berukuran lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya (QTM252).

Baca juga: MWC 2020 Batal, Bagaimana Nasib Oppo Find X2 dan Realme X50 Pro 5G?

Qualcomm tidak menyebut dimensi modul antena teranyar ini, namun, dengan ukuran yang lebih ramping, pihaknya mengklaim modul antena 5G ini bisa dipadankan dengan aneka perangkat premium yang memiliki dimensi tipis.

Kendati sekelumit fitur Snapdragon X60 5G diumbar oleh Qualcomm, mereka masih belum mau membeberkan timeline terkait peluncuran, proses produksi, atau kapan chip modem ini digelontorkan kepada para vendor smartphone.

Kemungkinan besar, chip modem ini bakal meluncur sekitar tahun 2021, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Kamis (20/2/2020).  

Terlepas dari itu, konon, informasi lebih detail terkait chip modem Snapdragon X60 5G ini bakal dikuak di beragam perhelatan teknologi sepanjang 2020, seperti IFA 2020 (Agustus) hingga acara Tech Summit 2020 yang biasanya digelar Qualcomm mendekati akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AnandTech


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com