Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 iPhone Dibagikan ke Penumpang Kapal "Diamond Princess" akibat Corona

Kompas.com - 20/02/2020, 12:34 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang membagikan lebih dari 2.000 iPhone kepada semua penumpang kapal pesiar Diamond Princess, yang terisolasi di perairan Jepang akibat wabah virus corona di kapal.

Di dalam kapal tersebut terdapat 3.500 penumpang dari beberapa negara dan lebih dari 286 di antaranya telah dikonfirmasi mengidap virus corona. Karena itu, kapal tersebut dikarantina sejak 15 Februari 2020.

Pembagian 2.000 iPhone (belum diketahui serinya) itu ditujukan agar penumpang dapat mengakses aplikasi milik Kementerian Kesehatan Jepang, dan memungkinkan mereka untuk berkonsultasi langsung dengan para dokter.

Baca juga: Wabah Virus Corona Ganggu Pabrik, iPhone Jadi Terbatas di Pasaran

Sebab, banyak penumpang yang tidak dapat mengunduh aplikasi dimaksud, baik dari Apple App Store (iOS) maupun Google Play Store (Android), karena perangkat yang mereka pakai bukan spesifik untuk pasar Jepang.

"Kami akan menyediakan sekitar 2.000 unit iPhone yang dioperasikan oleh Softbank, dan akan ada satu unit telepon per kabin, di setiap kabin penumpang, dan kamar kru," tulis situs Macotakara, dikutip KompasTekno, Kamis (20/2/2020).

Di setiap iPhone telah disediakan aplikasi-aplikasi milik Kementerian Kesehatan Jepang untuk konsultasi, permintaan obat, serta kebutuhan lain untuk menenangkan para penumpang.

Baca juga: China Bikin Aplikasi Virus Corona, Bisa Deteksi Siapa Saja yang Telah Berdekatan

Dilansir Business Insider, pihak berwenang Jepang menduga wabah corona di kapal Diamond Princess itu ditularkan oleh seorang penumpang pria dari Hong Kong sejak perjalanan awal, kemudian turun dan didiagnosis positif Covid-19.

"Jelas ada banyak kasus di lingkungan yang sangat tertutup di kapal itu," tutur Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia.

Kabarnya, 400 warga negara Amerika Serikat yang berada di kapal tersebut pada Minggu (23/2/2020) nanti akan segera ditransfer kembali ke negara masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com