Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen

Kompas.com - 20/02/2020, 14:09 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet

KOMPAS.com - Pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 175,4 juta dengan penetrasi mencapai 64 persen. Itu artinya, dari total 272,1 juta populasi di Indonesia, sebesar 64 persennya telah terkoneksi internet.

Angka ini meningkat dari tahun lalu yang sebesar 17 persen, atau sekitar 25 juta. Hasil itu diketahui dari riset terbaru dari layanan manajemen kontem HootSuite dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan bertajuk "Digital 2020".

Hampir seluruh pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk berinternet. Pengguna internet mobile di Indonesia tercatat mencapai 171 juta atau sebesar 98 persen dari total pengguna internet.

Baca juga: Trafik Internet di 2019 Meningkat, Perangkat Mobile Jadi Penyumbang Terbesar

Sebesar 96 persen di pengguna internet di Indonesia sudah menggunakan smartphone sementara 5,3 persen masih mengakses internet menggunakan ponsel fitur. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan empat jam 46 menit tiap hari untuk berselancar di internet.

Sebagian besar menggunakan akses internet untuk bersosial media. Laporan ini mencatat pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 160 juta dengan penetrasi 59 persen dari total populasi.

Jumlah ini naik 8,1 persen atau sekitar 12 juta pengguna. Waktu yang dihabiskan rata-rata orang Indonesia untuk bermedia sosial adalah tiga jam empat menit. Hampir semua pengguna internet di Indonesia atau 99 persennya, juga gemar menonton video online.

Sebesar 79 persen dari mereka menonton video vlog. Mereka juga senang mengakses hiburan audio melalui internet.

Baca juga: Menguji Kecepatan Internet Telkomsel di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Musik streaming misalnya, banyak dilakukan 84 persen pengguna internet Indonesia. Sedangkan 58 persen mengakses radio secara online dan 43 persen kini gemar mendengarkan podcast.

Rata-rata kecepatan internet di Indonesia, menurut laporan "Digital 2020'' mencapai 13,83 Mbps. Sedangkan kecepatan internet fixed di Tanah Air mencapai 20,11 Mbps.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X