Alasan di Balik Perlunya Kamera Resolusi Tinggi di Smartphone

Kompas.com - 21/02/2020, 17:10 WIB
Kamera 108 MP di Galaxy S20 Ultra. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoKamera 108 MP di Galaxy S20 Ultra.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Smartphone masa kini memiliki resolusi kamera yang semakin tinggi. Penerapannya pun bukan hanya di kamera utama saja (wide), melainkan sudah merambah ke kamera lain.

Samsung Galaxy S20 Ultra, misalnya, memiliki kamera utama beresolusi 108 MP berikut kamera telephoto 48 MP. Sebenarnya apa alasan vendor menanam kamera dengan resolusi jumbo di ponsel? 

Baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Pengamat gadget Lucky Sebastian mengatakan bahwa, di luar peranan lain seperti meningkatkan kualitas lewat pixel binning, kamera resolusi tinggi sebenarnya adalah cara untuk mengatasi keterbatasan ponsel dalam melakukan zooming.

Dia mencontohkan kamera 108 MP Galaxy S20 Ultra yang bisa memberikan efek serupa zoom lewat pembesaran digital (cropping). Karena resolusi awalnya tinggi (108 MP), maka hasil akhirnya pun tidak mengalami penurunan kualitas yang kentara.

Perbandingan tingkat ketajaman dan detil hasil foto kamera utama Samsung Galaxy S20 Ultra dalam mode 108 MP (kanan) dan 12 MP. Foto 108 MP merupakan potongan ukuran asli (actual size, 100 persen), sementara foto 12 MP harus diperbesar lebih dari 200 persen untuk memperoleh ukuran obyek yang sama. Ketajaman dan detil lebih tinggi dari resolusi 108 MP mempertahankan kualitas gambar saat dilakukan pembesaran secara digital atau cropping. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbandingan tingkat ketajaman dan detil hasil foto kamera utama Samsung Galaxy S20 Ultra dalam mode 108 MP (kanan) dan 12 MP. Foto 108 MP merupakan potongan ukuran asli (actual size, 100 persen), sementara foto 12 MP harus diperbesar lebih dari 200 persen untuk memperoleh ukuran obyek yang sama. Ketajaman dan detil lebih tinggi dari resolusi 108 MP mempertahankan kualitas gambar saat dilakukan pembesaran secara digital atau cropping.

"Sebenarnya dengan resolusi 108 MP itu, smartphone punya 3x pembesaran setara optical zoom," ujar Lucky ketika dihubungi KompasTekno, Jumat (14/2/2020).

Di Galaxy S20 Ultra, ponsel akan memakai pembesaran digital dari kamera 108 MP untuk tingkat zoom antara 1x hingga 3,9x. Kamera telephoto 48 MP baru aktif mulai tingkat zoom 4x ke atas.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Nah, kamera telephoto Galaxy S20 Ultra pun menggunakan teknik pembesaran digital yang serupa untuk mencapai tingkat pembesaran (zoom) hingga 100x, meski lensa telephoto ponsel ini sebenarnya hanya memiliki tingkat optical zoom asli sebesar 4x. 

Itulah sebabnya resolusi sensor yang digunakan terbilang besar (48 MP) untuk kamera telephoto di Galaxy S20 Ultra.

Siasat ukuran, bukan gimmick

Menurut Lucky, teknik "zooming" dengan sensor resolusi tinggi ini mengatasi hambatan bodi smartphone yang mesti dibikin seringkas mungkin sehingga tak bisa memakai lensa zoom yang berukuran panjang secara fisik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X