Telkom soal Buka Blokir Netflix, Semoga dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 24/02/2020, 16:57 WIB
Netflix. Getty ImagesNetflix.

JAKARTA, KOMPAS - Telkom Group hingga saat ini masih memblokir akses layanan streaming film Netflix bagi pelanggan  IndiHome dan Telkomsel.

Menurut Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, Siti Choiriana, pihaknya terus berkomunikasi dengan intens secara business-to-business (B2B) dengan Netflix, dan akan membuka blokir begitu ada kesepakatan. 

"Semoga dalam waktu dekat dapat titik temunya, sekalinya ada, kami pasti buka," ujar Choiriana di sela acara Press Conference IndiHome 2020 yang digelar di kawasan SCBD, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Ia melanjutkan, Telkom sendiri sejatinya harus memastikan bahwa kerja sama yang dilakukan antara pihaknya dengan Netflix benar-benar membawa manfaat yang baik bagi masyarakat, terutama dari segi konten.

Baca juga: Telkom Ungkap Alasan Netflix Masih Diblokir

Oleh karena itu, menurutnya, konten yang tersedia di dalam Netflix harus dibahas dari beragam aspek terlebih dahulu, mencakup hukum, bisnis, hingga teknis dengan penyedia konten tersebut.

"Dalam konteks legal (hukum), bisnis, dan teknis, kami belum cocok nih, (karena) belum bertemu dengan mereka (Netflix), jadi tunggu saja," tutur Choiriana.

Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia (kiri) dan Siti Choiriana, Direktur Consumer Service Telkom Indonesia (kanan), saat dijumpai KompasTekno di acara Telkom yang digelar di kawasan SCBD, Jakarta, Senin (24/2/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia (kiri) dan Siti Choiriana, Direktur Consumer Service Telkom Indonesia (kanan), saat dijumpai KompasTekno di acara Telkom yang digelar di kawasan SCBD, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Tidak ada diskriminasi

Di dalam kesempatan yang sama, Arif Prabowo selaku Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia juga mengatakan bahwa Telkom sebenarnya tidak mendiskriminasi Netflix dan platform serupa lainnya.

"Kerja sama kami sudah mengacu kepada semua peraturan yang ada. Tidak ada diskriminasi (antara platform) sama sekali," tutur Arif ketika ditanya soal platform serupa Amazon Prime Video yang bisa diakses lewat IndiHome dan Telkomsel.

"Kalau pihak Netflix (dan lainnya) mau bekerja sama dengan Telkom, mereka harus memenuhi semua yang ada di dalam kerja sama, karena kami harus melindungi pelanggan kami di semua lapisan," pungkas Arif.

Baca juga: Netflix Ternyata Pernah Hapus Film atas Permintaan Sejumlah Negara

Seperti diketahui, sejak awal meluncur pada 2016, Telkom Group telah memblokir akses ke Netflix.

Alasannya, platform streaming ini dianggap belum memenuhi regulasi, di mana kontennya disebut masih belum sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di Indonesia.

Nah, jika apa yang dikatakan Choiriana terwujud, maka hal tersebut agaknya sinyal bagus bagi para penikmat Netflix yang menggunakan layanan internet IndiHome atau Telkomsel. Menarik untuk dinantikan.

Baca juga: YLKI soal Telkom Blokir Netflix: Bedakan Aksi Korporasi dan Negara

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X