Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Huawei Mate XS Resmi Meluncur Tanpa Aplikasi Google

Kompas.com - 25/02/2020, 10:42 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Huawei awal pekan ini memperkenalkan ponsel lipat generasi kedua bikinannya. Perangkat bernama Mate XS yang merupakan penerus Mate X keluaran tahun lalu tersebut resmi diperkenalkan dalam sebuah acara di London, Inggris, Senin kemarin.

Dengan diagonal layar 8 inci saat dibentangkan dan 6,6 inci saat dilipat, Mate XS memiliki tampang yang sangat mirip dengan Mate X, tapi ada sejumlah peningkatan. Huawei mengklaim layar dan mekanisme Mate XS kini lebih tangguh.

Baca juga: Inikah Wujud Asli Huawei P40 dan P40 Pro?

Layar Mate XS, menurut Huawei, memiliki konstruksi "quad-layer" dengan dua lapisan polymide transparan di atas panel display OLED yang lentur. Di lapisan terbawah ada polymer yang berfungsi sebagai bantalan sekalius menghubungkan layar dengan bodi perangkat.

Bagian dapur pacu ikut dirombak dan kini mengandalkan chip Kirin 990 yang memiliki modem 5G terintegrasi, alih-alih terpisah seperti Kirin 980 pada Mate X dulu. System-on-Chip tersebut dipasangkan dengan RAM 8 GB dan media internal 512 GB.

Spesifikasi selebihnya dari Mate XS masih sama dengan Mate X, termasuk baterai 4.500 mAh, serta rangkaian kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 40 MP f/1.8, kamera telephoto 8 MP f/2.4, kamera ultra wide 16 MP f/2.2, dan kamera 3D depth sensing.

Dari sisi software, karena Huawei masih masuk daftar hitam entity list AS, Mate XS menggunakan OS Android versi open source dan tidak memiliki layanan-layanan atau aplikasi Google seperti toko Play Store.

Baca juga: Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi Bergabung Bikin Pesaing Google Play Store

Sebagai gantinya, Mate XS menggunakan aneka layanan buatan sendiri dari Huawei (HMS), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/2/2020).

Berbeda dari Mate X yang hanya dipasarkan di China, Huawei berencana menjual Mate XS secara global. Harganya dipatok sebesar 2.499 euro atau sekitar Rp 37,8 juta dan akan mulai dirilis pada Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com