Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Komputer Tablet di China Melonjak Gara-gara Corona

Kompas.com - 26/02/2020, 09:04 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Digitimes

KOMPAS.com - Persebaran virus corona yang semakin masif memberikan dampak besar pada beragai sektor industri. Termasuk industri teknologi di berbagai belahan dunia.

Sejumlah vendor besar seperti Samsung dan Apple sampai-sampai harus menutup pabrik mereka karena adanya wabah corona. Kabar terakhir, satu karyawan Samsung terinfeksi virus ini dan perusahaan asal Korea Selatan tersebut harus menutup sementara pabriknya.

Meski banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh virus corona, ternyata wabah ini jutru membuat permintaan komputer tablet di China semakin meningkat. Bagaimana bisa?

Hal ini berawal dari kebijakan pemerintah China yang melarang warganya di sejumlah wilayah untuk keluar rumah. Kebijakan ini dikeluarkan agar persebaran virus corona semakin dipersempit.

Kebijakan itulah yang memicu kenaikan jumlah permintaan komputer tablet di Negeri Tirai Bambu. Sebab, para pekerja dan pelajar di sana terpaksa melakukan kegiatan sehari-hari secara online.

Meningkatnya permintaan komputer tablet di China, dimanfaatkan oleh pedagang di e-commerce untuk menaikkan harga.

Saat ini aktivitas jual beli lewat e-commerce menjadi pilihan yang paling memungkinkan, karena toko fisik masih belum bisa beroperasi.

Baca juga: Pengiriman Tablet Global Menurun, Apple Tetap Perkasa

Sebagai contoh, harga perangkat iPad 32 GB dan 128 GB berukuran 10,2 inci dibanderol dengan harga 2.499 yuan (Rp 4,9 juta) dan 3.099 yuan (Rp 6,1 juta). Harga ini lebih tinggi 200 yuan dari harga resmi di toko fisik Apple.

Namun, meski permintaan komputer tablet tengah meningkat, jumlah produksinya justru kian terbatas.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa para vendor perakit tablet (ODM) kekurangan bahan baku dan tenaga kerja karena persebaran virus corona ini.

Dirangkum KompasTekno dari Digitimes, Rabu (26/2/2020), akibatnya, jumlah produksi komputer tablet hanya mencapai setengah dari jumlah produksi biasanya.

Jumlah produksi komputer tablet ini pun tidak dapat meningkat dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Pasaran Tablet Global Diramal Terus Menurun Selama 5 Tahun ke Depan

Sebagai contoh, tablet Huawei saat ini sebagian besar diproduksi oleh Wingtech, Longcheer, dan Huaqin yang pabriknya sebagian besar ebrada di provinsi Guangdong. Pabrik-pabrik tersebut hanya beroperasi dengan kapasitas produksi sekitar 50 persen hingga 60 persen saja.

Sementara iPad, yang dirakit Compal Electronics dan Foxconn hanyar beroperasi dengan kapasitas produksi sekitar 30 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Digitimes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com