Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Game Blokir Permanen YouTuber "FIFA 20"

Kompas.com - 26/02/2020, 11:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Seorang gamer profesional sekaligus YouTuber yang kerap memainkan game sepak bola FIFA 20, Kurt Fenech, diblokir selamanya dari seluruh layanan dan game yang dibikin oleh pengembang Electronic Arts (EA).

Pengumuman pemblokiran ini disampaikan oleh pihak EA lewat akun Twitter resminya, @EA beberapa waktu lalu. 

Berdasarkan keterangan tersebut, Kurt diblokir karena dinilai melanggar aturan (Terms of Service) yang dibuat EA.

Pihak EA pun telah memberikan peringatan keras kepada Kurt pada November 2019 lalu.

Kala itu, Kurt sempat diblokir dari turnamen EA Sports FIFA Global Series lantaran melanggar kode etik komunitas (Code of Conduct) lewat ancaman "personal" yang ia lontarkan terhadap sejumlah karyawan EA dan pemain lain.

"Sejak saat itu ia terus mengunggah bernada kasar dan mengirim pesan berisi ancaman terhadap pegawai EA (Electronic Arts) di media sosial. Ia juga mengajak yang lain melakukan hal yang sama," tulis EA.

Meski tidak disebutkan seperti apa ancaman personal yang dimaksud, ada dugaan bahwa ancaman ini ada kaitannya dengan laporan sejumlah akun Twitter karyawan EA yang di-hack.

Akun-akun tersebut diretas setelah Kurt resmi diblokir dari turnamen FIFA yang diselenggarakan EA.

Baca juga: Game FIFA 20 Tak Ada Juventus, EA Rugi Rp 11 Triliun

Akun karyawan EA yang diretas tersebut sempat mengunggah pernyataan palsu yang menyatakan bahwa akun Kurt sudah dilepas blokirnya. Padahal akun Kurt sendiri masih diblokir dari turnamen FIFA 20.

Kini, tidak hanya dari turnamen, akun EA milik Kurt dengan nama "Kurt0411" sudah tidak bisa menikmati game dan layanan yang dimiliki EA secara permanen.

Tidak disebutkan apakah blokir ini akan dicabut atau tidak, namun dalam keterangan di unggahan Twitter tadi, pihak EA menegaskan keseriusannya dan tidak mentoleransi perilaku mengancam seperti apa yang dilakukan Kurt.

Kurt sendiri sempat membalas unggahan EA tadi dan mempertanyakan bukti terkait kapan ia mengancam karyawan perusahaan pemilik lisensi game FIFA tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Rabu (26/2/2020), pihak EA pun belum, atau kemungkinan tidak akan merespon balasan dari Kurt tersebut.

Sebelum Kurt, pemblokiran permanen dari pengembang game terhadap YouTuber juga pernah terjadi. 

Baca juga: YouTuber Fortnite Diblokir Selamanya Karena Pakai Cheat

Pada November tahun lalu, YouTuber dengan nama "Jarvis" diblokir dari game Fortnite selamanya lantaran ketahuan memakai cheat atau software ilegal yang membantunya membidik musuh secara otomatis (aimbot).

Seirama dengan EA, pihak Epic Games selaku pengembang Fortnite tidak memiliki toleransi terhadap pelanggaran yang dilakukan di game bikinannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kotaku


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com