Telkomsel Terbaik dan Smartfren Tercepat versi nPerf

Kompas.com - 26/02/2020, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, perusahaan pembuat software pengukur kecepatan mobile internet, nPerf, rajin merilis laporan terkait hasil uji layanan internet lima operator seluler di Indonesia. 

Kini, nPerf kembali merilis riset bertajuk "Barometer of Mobile Internet Connections in Indonesia" untuk tahun 2019. Adapun data dalam riset tersebut dihasilkan dari 401.816 hasil pengujian yang dilakukan oleh para pengguna nPerf sepanjang tahun lalu.

Ada enam aspek yang diukur oleh nPerf, mencakup success ratio (angka sukses hasil pengujian), download bitrate (kecepatan unduh), upload bitrate (kecepatan unggah), latency (tingkat kestabilan internet), serta pengalaman browsing dan streaming YouTube.

Baca juga: Telkomsel Masih Jadi yang Terkencang, Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G

Berdasarkan data nPerf, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler yang menawarkan performa internet terbaik secara keseluruhan, dengan nilai mencapai 35.499 poin.

Operator pelat merah tersebut dibuntuti dengan operator XL, Tri, Smartfren, dan IM3 Ooredoo, dengan masing-masing nilai keseluruhan 28.384, 23.190, 23.107, dan 19.839 poin. 

Performa internet operator seluler secara keseluruhan di 2019.nPerf Performa internet operator seluler secara keseluruhan di 2019.

Meski Telkomsel unggul secara keseluruhan, Smartfren menjadi operator seluler yang memiliki kecepatan download rata-rata paling kencang, dengan angka 10,62 Mbps, sedikit unggul dari kecepatan download rata-rata Telkomsel dengan 9,96 Mbps. 

Kendati demikian, Smartfren harus rela memberikan mahkota di aspek kecepatan upload. Pasalnya, Telkomsel jauh lebih unggul dengan angka kecepatan unggah rata-rata di angka 7,89 Mbps, di mana Smartfren sendiri memiliki kecepatan upload 3,94 Mbps.

Data kecepatan unduh rata-rata operator seluler di Indonesia pada 2019.nPerf Data kecepatan unduh rata-rata operator seluler di Indonesia pada 2019.
Selain upload, Telkomsel juga dominan di aspek pengalaman browsing dan streaming, dengan masing-masing tingkat performa 37,4 persen dan 71,5 persen.

Adapun tingkat rata-rata performa browsing dinilai dari berapa lama sebuah situs dimuat, sementara performa streaming diambil dari berapa lama sebuah video di YouTube dimuat berikut kelancaran proses buffering.

Baca juga: Diuji, Kecepatan Internet 5G Smartfren Tembus 8,7 Gbps

Operator XL sendiri unggul di ranah tingkat kestabilan internet, dengan tingkat latency rata-rata 62 m/s.

Diketahui, latency rendah sejatinya dibutuhkan untuk bermain aneka game online, sehingga boleh dibilang XL cocok untuk para gamer mobile, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari nPerf.com, Rabu (26/2/2020).

Untuk informasi lebih lengkap terkait laporan nPerf bisa disimak di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.