Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleb TikTok Bisa Kantongi Miliaran Rupiah Sekali Posting

Kompas.com - 26/02/2020, 20:27 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika memiliki pengikut (followers) dalam jumlah yang melimpah, media sosial bisa jadi sumber penghasilan. Lihat saja fenomena saat ini dengan banyaknya selebgram dan YouTuber.

Instagram dan YouTube saat ini menjadi media sosial yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun belakangan, muncul media sosial baru yang banyak digemari, yakni TikTok.

Aplikasi TikTok kini sedang digandrungi oleh banyak orang dari semua kalangan.

TikTok menjadi populer karena dengan media sosial ini, pengguna bisa membuat dan berbagi video lucu yang menghibur. 

Bahkan tak hanya menjadi platform untuk berekspresi, saat ini TikTok mulai menjadi ladang para konten kreator untuk mendapatkan uang.

Pengamat media sosial memperkirakan bahwa sejumlah "seleb" TikTok dengan jumlah pengikut yang besar, bisa mendapat penghasilan hingga 1 juta dollar AS (Rp 13,9 miliar) untuk sekali posting.

Strategy Partner di firma periklanan Digitas UK, James Whatley, mengatakan bahwa prediksi tersebut adalah angka yang wajar.

Sebab, sudah ada sejumlah bukti dari platform lain seperti salah satunya adalah Instagram.

Baca juga: Bagaimana TikTok Menghasilkan Uang?

"Saya benar-benar percaya mengenai angka tersebut, jika Anda melihat seberapa uang yang dihabiskan di Instagram," kata James.

Contohnya adalah Loren Gray, seorang penyanyi berusia 17 tahun asal Pennsylvania, Amerika Serikat. Dengan jumlah pengikut sebanyak lebih dari 38 juta, para pengamat memprediksi ia bisa mendapat penghasilan sebesar 197.000 dollar AS (Rp 2,7 miliar) untuk satu konten yang diunggah. 

Ada pula Aashika Bhatia, aktris asal India yang kini eksis di dunia TikTok. Gadis berusia 19 tahun ini memiliki lebih dari 14 juta followers di akunnya.

Aashika bisa memperoleh puluhan ribu followers baru setiap hari, sehingga ia pun diprediksi akan menjadi salah satu akun terpopuler di TikTok dengan jumlah pengikut yang berpotensi mencapai angka 194 juta.

Pengamat memperkirakan bahwa bintang TikTok populer dapat dibayar dengan harga 0,005 dollar AS per satu follower. Sehingga, jika Aashika memiliki followers sebanyak 194 juta, ia bisa mendapat penghasilan 973.000 dollar AS (Rp 13,5 miliar) untuk satu postingan berbayar.

"TikTok adalah platform baru yang sedang populer dan kini mulai banyak orang yang memperoleh uang berkat aplikasi itu," lanjut James.

Lebih lanjut, James juga menyebut bahwa ketika sebuah brand ingin beriklan lewat TikTok, mereka harus menggandung "seleb" yang menarik perhatian banyak pengguna.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com