Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Mirrorless Fujifilm X-T4 Dirilis, Dibekali Layar Putar dan IBIS

Kompas.com - 27/02/2020, 07:57 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Hanya dalam waktu 1,5 tahun setelah X-T3 meluncur pada 2018, Fujifilm pekan ini sudah menelurkan produk penerus dari kamera mirrorless tersebut, X-T4.

Salah satu fitur baru yang ditanamkan di X-T4 adalah In-Body Image Stabilizer 5-axis dengan tingkat kompensasi mencapai 6,5 stop. Dengan IBIS, lensa-lensa yang tidak memiliki OIS pun bisa distabilkan.

X-T4 adalah kamera mirrorless kedua dari Fujifilm yang mendapat fitur IBIS, setelah X-H1 keluaran awal 2018.

Dibandingkan X-H1, unit IBIS pada X-T4 diklaim berukuran lebih ringkas dan kecil sehingga bodi kamera juga bisa dijaga agar tak bertambah besar.

Selain itu, seperti X-T200, berbeda dari pendahulunya, layar X-T4 kini menggunakan fully-articulated (vari-angle) touch screen yang bisa dibuka ke arah samping, lalu diputar ke bawah dan ke atas, termasuk menghadap ke arah depan.

Baca juga: Fujifilm Rilis Mirrorless X-T200 untuk Kreator Konten

Kapasitas baterai ikut ditingkatkan hingga kini bisa menghasilkan 500 hingga 600 shot dalam sekali pengisian, dibandingkan baterai X-T3 yang memiliki rating 300 shot.

Kamera Fujifilm X-T4 memiliki layar vari-angle yang bisa dibentangkan ke arah samping. Fujifilm Kamera Fujifilm X-T4 memiliki layar vari-angle yang bisa dibentangkan ke arah samping.

Kotak kemasan X-T4 tak menyertakan charger baterai eksternal, tapi kamera tersebut kini bisa diisi baterainya dengan USB-PD charging.

Pembaruan lain mencakup mekanisme shutter anyar yang disebut memiliki rating hingga 300.000 jepretan. Kecepatan burst kini mencapai 15 FPS, naik dari 11 FPS di X-T3.

Bagian sensor dan prosesor gambar sendiri tak berubah dari X-T3, tetap dengan BSI CMOS X-Trans 4 26 megapiksel dan chip quad-core X-Processor 4. Sensitivitas fokus X-T4 mencapai -6 EV, dari sebelumnya -3 EV di X-T3.

Baca juga: Resmi Meluncur, Nikon D780 Gabungkan Fitur Mirrorless ke DSLR

Untuk urusan video, X-T4 bisa merekam DCI 4K hingga 60 FPS dengan bit rate 400 Mbps, Full-HD 1080p hingga 240 FPS 200 Mbps, dan F-Log dengan warna 10-bit yang langsung direkam di memory card.

Dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (27/2/2020), Fujifilm X-T4 rencananya akan mulai dijual di sekitar kuartal-II 2020. Kamera ini dibanderol 1.700 dollar AS (Rp 23,8 juta) untuk versi body only dalam pilihan warna black dan silver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com