Kisah Ridwan, Pensiun dari Karier Koki dan Memilih Jual Makanan Online

Kompas.com - 27/02/2020, 10:38 WIB
Ridwan, pria yang berprofesi sebagai koki selama 14 tahun ini memutuskan pensiun dan fokus menjual makanan lewat GrabFood. KOMPAS.com/SHERLY PUSPITARidwan, pria yang berprofesi sebagai koki selama 14 tahun ini memutuskan pensiun dan fokus menjual makanan lewat GrabFood.
|

MEDAN, KOMPAS.com - Sudah 14 tahun Ridwan menekuni profesinya sebagai juru masak. Tak hanya di satu tempat, Ridwan menyajikan makanan di beberapa hotel dan restoran mewah di Medan, Sumatera Utara.

Keahliannya sebagai koki membuatnya tersohor. Ia pun tak sulit mendapatkan pekerjaan terbaik.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, karier Ridwan di bidang kuliner kian meredup.

"Saya sudah tua, umur saya sudah hampir 50 tahun. Kalau di dunia kuliner dengan usia saya ini saya mulai tersingkir," ujar Ridwan.

Di sela pekerjaannya sebagai koki, Ridwan mulai mencoba peruntungan baru dengan menjajakan masakan buatannya di rumah.

Dapur yang sempit menjadi tempat Ridwan meracik berbagai menu makanan, mulai dari nasi goreng, mie goreng, kwetiau, hingga ifumie.

Awalnya, Ridwan kesulitan memasarkan masakannya.

Rumahnya tak bisa diandalkan sebagai warung. Lokasinya yang berada di ujung gang sempit membuat Ridwan tak langsung mendapatkan banyak pelanggan.

Pada tahun 2017, Grab pertama kali beroperasi di Medan dan mulai menawarkan layanan pemesanan makanan online,  GrabFood. Ridwan pun melihat peluang.

"Begitu Grab masuk itu saya langsung daftar. Saya fotoin makanannya dan saya beri nama warung online saya itu 'Mie Balap Bang Iwan'," ujar Ridwan.

Baca juga: Grab Siapkan Layanan Taksi Terbang di Asia Tenggara

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X