Ratusan Ribu Link Grup WhatsApp Pribadi Tersebar di Google

Kompas.com - 27/02/2020, 11:47 WIB
ilustrasi WhatsApp reuters.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Berhati-hatilah jika Anda memiliki grup WhatsApp pribadi. Pasalnya, orang tak dikenal pun bisa masuk ke grup Anda tanpa izin.

Pasalnya, baru-baru ini diketahui bahwa ada ratusan ribu tautan (link) yang grup WhatsApp yang masuk dalam index pencarian dan tersebar Google. Dengan demikian, orang tak dikenal pun bisa leluasa masuk ke dalam grup pribadi asalkan memiliki tautan tersebut.

Hal ini pertama kali terungkap oleh seorang jurnalis asal Jerman, Jordan Wildon. Melalui sebuah kicauan di akun Twitternya, Jordan mengunggah gambar yang menjadi buktu banyaknya link undangan grup Whatsapp yang tersebar bebas dalam pencarian Google.

"Grup Whatsapp Anda mungkin tidak seaman yang Anda kira," tulis Jordan.

Celah keamanan ini pun kemudian diperkuat oleh temuan analis App Reverse bernama Jane Wong.

Baca juga: WhatsApp Tembus 2 Miliar Pengguna

Jane mengkonfirmasi terdapat lebih dari 470.000 tautan grup Whatsapp yang dia temukan ketika memasukkan kata kunci "Site:chat. whatsapp.com" pada Google.

Kemudian situs teknologi Motherboard, juga mencoba metode serupa dan sukses masuk ke dalam sejumlah grup melalui tautan yang terindeks di Google.

Motherboard bahkan bisa mendapatkan daftar anggota grup tersebut lengkap beserta nomor telepon mereka.

Juru Bicara WhatsApp, Alison Bonny, mengatakan bahwa pengguna WhatsApp memang tidak diperkenankan untuk membagikan tautan grup ke halaman atau situs yang bisa diakses oleh publik.

Ia pun mengatakan, semua konten yang dibagikan ke situs publik, dapat ditelusuri dengan mudah lewat mesin pencari.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X