Cegah Penipuan, GoJek Sediakan 3 Fitur Penjaga Keamanan

Kompas.com - 28/02/2020, 19:16 WIB
Ilustrasi ShuterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dirundung beberapa kali keluhan penipuan melalui aplikasi, GoJek pun baru-baru ini merulis tiga fitur baru untuk memastikan keamanan pelanggannya.

Tiga fitur baru dimaksud terdiri dari fitur penyamaran nomor telepon, intervensi chat, dan tombol darurat yang terhubung dengan Unit Darurat Gojek yang aktif selama 24 jam.

Ketiganya adalah bagian dari Gojek Shield, teknologi perlindungan untuk menjaga keamanan seluruh pihak dalam ekosistem GoJek, termasuk pelanggan dan pengemudi. 

Baca juga: GoJek Berikan Edukasi Keamanan Digital lewat Aplikasi

CEO Gojek, Kevin Alluwi mengklaim bahwa Shield mampu mencegah dan menindak setiap perilaku mencurigakan yang terjadi pada platform Gojek.

Kevin menjelaskan, sistem terbarunya ini telah berhasil beberapa kali membantu Gojek mengungkap sindikat kriminal pelaku order fiktif yang bekerja menggunakan aplikasi pemalsu lokasi GPS dan aplikasi modifikasi.

"Di Singapura, sistem kami mendeteksi dan melakukan suspend kepada 120 mitra driver yang menggunakan aplikasi modifikasi," ujarnya.

Baca juga: Driver Gojek Singapura Juga Pakai Tuyul Bikin Order Fiktif

Di Indonesia pun, Gojek mengatakan juga berhasil memberikan bukti order fiktif yang terdeteksi dari sistem kepada pihak kepolisian di wilayah Jakarta, Semarang dan Malang.

Selain tiga fitur tersebut, Gojek juga menerapkan langkah-langkah pencegahan melalui program proteksi Gojek, dengan memberikan pelatihan kepada para mitra driver.

Pelatihan-pelatihan itu seperti pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), pelatihan anti-kekerasan seksual, serta keselamatan berkendara.

Baca juga: Grab dan Gojek Dikabarkan Akan Bergabung

Khusus pelatihan keselamatan berkendara, Gojek telah memberikan pelatihan kepada mitra driver di seluruh kota operasional utama yang tersebar di 17 provinsi.

Program proteksi Gojek juga dilengkapi dengan jaminan perlindungan asuransi, antara lain asuransi perjalanan di GoCar dan GoRide, asuransi kehilangan dan kerusakan barang untuk layanan logistik GoSend dan GoBox, serta asuransi layanan GoLife.

Dalam waktu dekat, Gojek juga akan meluncurkan program Jaminan Saldo GoPay Kembali untuk melindungi pengguna dari transaksi yang tidak sah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X