Kompas.com - 29/02/2020, 07:50 WIB
Ilustrasi NH Dini yang diabadikan lewat Google Doodle, Sabtu (29/2/2020). Google.comIlustrasi NH Dini yang diabadikan lewat Google Doodle, Sabtu (29/2/2020).
Penulis Bill Clinten
|

 

KOMPAS.com - Ada yang berbeda di tampilan halaman utama mesin pencari Google hari ini, Sabtu (29/2/2020). Google memajang desain doodle yang spesial hari ini.

Ketika membuka laman www.google.com, Anda akan disodorkan dengan sosok seorang wanita berkacamata yang tengah menulis di atas secarik kertas berwarna hijau toska.

Wanita itu tampak telah selesai menuangkan pikirannya pada beberapa lembaran kertas berwarna lainnya. Wajahnya diilustrasikan menggantikan huruf O pada logo Google.

Ia adalah Nurhayati Sri Hardinia Siti Nukatin (biasa dikenal N.H. Dini), seorang tokoh di bidang literatur dan novelis yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 29 Februari 1936.

Ia sempat menikah dengan pria berdarah Perancis, Yves Coffin, pada 1960. Pierre Coffin sendiri dikenal sebagai sutradara dari film franchise animasi populer Despicable Me.

N.H. Dini dan Yves memiliki dua anak bernama Marie-Claire Lintang Coffin dan Pierre-Louis Padang Coffin. N.H. Dini wafat di tempat lahirnya pada 4 Desember 2018 (usia 82 tahun).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Pramoedya Ananta Toer Jadi Google Doodle Hari ini?

Semasa hidupnya, N.H. Dini dikenal dengan sejumlah karyanya yang dibumbui dengan topik kesetaran gender, di mana ia percaya bahwa perempuan harus setara dengan laki-laki.

N.H. Dini juga menulis novel berdasarkan pengalaman hidupnya mengarungi bahtera rumah tangga.

Di dalam novel Pada Sebuah Kapal (1973), misalnya, N.H. Dini tentang seorang perempuan bernama Sri yang memiliki pernikahan yang kurang bahagia dan lantas jatuh cinta terhadap seorang kapten kapal ketika ia berlayar. 

Desain doodle N.H. Dini ini pun, seperti huruf "O" di dalam tulisan "Google" yang seakan menggambarkan jendela di dalam sebuah kapal, disebut terinspirasi dari buku Pada Sebuah Kapal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.