Google Tambal Tiga Celah Keamanan di Chrome

Kompas.com - 01/03/2020, 13:02 WIB
ilustrasi Google Chrome forbes.comilustrasi Google Chrome
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apakah Anda menggunakan Chrome? Jika iya, sebaiknya segera perbarui peramban itu ke versi 80.0.3987.122 terbaru, kalau belum dilakukan. Update tersebut menambal tiga celah keamanan zero-day di browser yang bersangkutan.

Zero-day vulnerability adalah celah keamanan yang baru ditemukan oleh pembuatnya di sebuah software setelah dirilis. Ketiga celah keamanan di Chrome kali ini ditandai oleh Google sebagai "berbahaya". Salah satunya bahkan sempat dieksploitasi oleh hacker.

Baca juga: Chrome Akan Blokir FIle Unduhan yang Tidak Aman

Dalam sebuah posting blog, Google mengatakan informasi lebih detil mengenai tiga celah keamanan Chrome untuk sementara waktu belum akan dibeberkan, hingga sebagian besar pengguna melakukan update.

Tujuannya tak lain adalah untuk menjaga agar ketiga celah berbahaya tadi tidak dimanfaatkan oleh hacker, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Minggu (1/3/2020).

Ini adalah kali ketiga Google menemukan dan menambal zero-day vulnerability di Chrome. Sebelumnya, kelemahan zero-day pertama ditemukan pada Maret tahun lalu, kemudian yang kedua kali pada bulan November. 

Baca juga: Cara Nonton YouTube di Chrome Sambil Buka Tab Lain

Pembaruan Chrome versi 80.0.3987.122 tersedia untuk OS Windows, Mac, dan Linux. Untuk melakukan update, pengguna Windows bisa meng-klik ikon menu di sudut kanan atas, tepatnya di sebelah ikon profil.

Kemudian pilih opsi “Help” dan klik “About Chrome”. Peramban pun akan memeriksa pembaruan yang ada dan mengunduhnya. 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X