Begini Cara Mematikan Tombol Bixby di Ponsel Samsung

Kompas.com - 02/03/2020, 12:29 WIB
Di sisi kiri trio Galaxy S10 terdapat tombol pengatur volume dan tombol Bixby.
KOMPAS.com/ OIK YUSUFDi sisi kiri trio Galaxy S10 terdapat tombol pengatur volume dan tombol Bixby.

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Samsung tentu tidak asing lagi dengan asisten virtual Bixby. Bixby merupakan asisten pintar yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI) seperti halnya Apple Siri, Google Assistant, dan Alexa dari Amazon.

Asisten virtual Bixby bisa ditemukan pada sejumlah ponsel Samsung, khususnya ponsel kelas atas. Bahkan pada seri Galaxy S, Samsung menyematkan tombol khusus untuk mengaktifkan Bixby.

Tombol tersebut diletakkan tepat di bawah tombol volume. Nah, penempatan tombol Bixby inilah yang terkadang jadi masalah.

Tak jarang pengguna yang berniat menekan tombol power/kunci, justru malah menekan tombol Bixby. Hal itulah yang membuat pengguna agak risih. 

Namun ternyata, tombol Bixby pada ponsel Samsung juga bisa dinonaktifkan. Dengan demikian meski tombol tanpa sengaja ditekan, Bixby tidak akan aktif begitu saja.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (2/3/2020), setidaknya ada dua cara untuk menonaktifkan tombol Bixby, bergantung jenis ponsel yang digunakan.

Baca juga: Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

Pengguna ponsel Galaxy S8, S8 Plus, Note 8, Galaxy S9, S9 Plus, Note 9, dan Galaxy S10 series, pengguna dapat "mengakali" tombol Bixby dengan cara berikut.

Buka menu "Settings" kemudian temukan menu "Advanced Features". Pada menu tersebut, pengguna akan menemukan pengaturan untuk tombol Bixby.

Nah, di sini pengguna bisa mengakali tombol Bixby dengan mengaktifkan fitur double-press guna mengaktifkan asisten virtual tersebut. Sehingga, jika pengguna tanpa sengaja menekan tombol Bixby satu kali, maka tombol tersebut tidak akan aktif.

Bagi pengguna Galaxy Note 10, Note 10 Plus, dan Galaxy S20 series, caranya sedikit berbeda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X