Alasan Huawei Tak Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Kompas.com - 02/03/2020, 13:25 WIB
Samsung Galaxy Z Flip saat dilipat. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOSamsung Galaxy Z Flip saat dilipat.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dua raksasa teknologi dunia, Huawei dan Samsung, telah merilis masing-masing dua model ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone). Huawei memiliki Mate X dan Mate Xs, sementara Samsung memiliki Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip.

Galaxy Z Flip dan Huawei Mate Xs adalah dua ponsel lipat terbaru yang dirilis pada Februari lalu. Keduanya memiliki perbedaan dalam mekanisme pelipatan layar.

Samsung menerapkan lipatan clamshell, atau dari atas ke bawah pada Galaxy Z Flip. Lipatan ini membuat Galaxy Z Flip berbentuk seperti sebuah kerang. 

Berbeda dengan Galaxy Z Flip, Huawei masih mempertahankan mekanisme pelipatan dari kiri ke kanan (seperti buku) pada Mate Xs.

Usut punya usut, ternyata Huawei punya alasan tersendiri mengapa tak ikut-ikutan bikin foldable phone dengan lipatan yang serupa Galaxy Z Flip.

Anson Zhang, petinggi Huawei di Inggris mengatakan bahwa pihaknya tak ingin membuat ponsel seperti itu karena bukan esensi dari sebuah perangkat foldable.

Menurutnya, para pengguna menginginkan ponsel dengan layar besar tetapi bisa dimasukkan ke dalam saku. Itulah esensi dari foldable phone.

Baca juga: Samsung Akan Jual Teknologi Layar Tekuk Galaxy Z Flip

"Jika (ponsel lipat) dibentangkan tidak memiliki layar ekstra, mengapa pakai mekanisme lipat?" tutur Zhang.

Ia juga mengatakan bahwa ponsel layar lipat dibuat untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dirangkum KompasTekno dari Trusted Reviews, Senin (2/3/2020), oleh karena itulah foldable phone dibuat agar pengguna bisa menikmati ponsel layar lebar dengan bentuk yang lebih ringkas.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X