Tampilan Facebook Messenger Kini Lebih Ringkas

Kompas.com - 03/03/2020, 09:05 WIB
Aplikasi Facebook Messenger. IstimewaAplikasi Facebook Messenger.

KOMPAS.com - Pada 2018 lalu, Facebook mengumumkan rencana untuk merombak tampilan aplikasi Messenger dengan desain yang lebih sederhana. Kini, rencana tersebut agaknya menjadi kenyataan.

Pasalnya, baru-baru ini Facebook dikabarkan tengah memangkas tab "Discover" dan fitur Chatbot di dalam aplikasi percakapan tersebut.

Pantauan KompasTekno, Senin (2/3/2020), aplikasi Messenger kami ternyata sudah mendapatkan pembaruan (update) dan tab "Discover" tampak hilang dari aplikasi.

Walhasil, tampilan aplikasi tersebut kini tampak lebih ringkas lantaran pengguna kini hanya akan menemukan dua tab di aplikasi Messenger, yakni "Chats" dan "People".

Baca juga: Pengguna Messenger Kini Wajib Punya Akun Facebook

Tampilan terbaru Facebook Messenger menyodorkan tampilan tab Chats dan tab People.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan terbaru Facebook Messenger menyodorkan tampilan tab Chats dan tab People.

Lebih detail, tampilan "Chats" kini tampak tak dihiasi dengan fitur chatbot dan hanya menampilkan daftar pengguna Messenger lain yang sudah bercakap dengan pengguna, berikut deretan postingan "Facebook Stories" di posisi teratas. 

Sementara tab "People" kini bisa digunakan untuk melihat postingan "Facebook Stories" yang diunggah kerabat, serta menampilkan daftar teman yang sedang online di aplikasi Messenger.

Diketahui, tab "Discover" sendiri, yang tadinya diletakkan di sebelah kanan tab "People", berisi fitur "Businesses", sebuah halaman yang merangkum beberapa akun Facebook resmi dari para pemilik bisnis.

Adapun akun bisnis yang terangkum di dalam tab tersebut biasanya dioperasikan oleh chatbot. Selain "Businesses", ada pula tab "Games" yang menampilkan aneka game Facebook yang bisa dimainkan langsung di dalam aplikasi.

Tampilan aplikasi Messenger sebelum dirombak.TheVerge Tampilan aplikasi Messenger sebelum dirombak.

 

Lantas, kemana perginya kedua fitur tersebut? Bagaimana jika pengguna ingin mengaksesnya?

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (3/3/2020), aneka fitur di dalam tab "Discover" bisa diakses lewat Facebook versi web.

Baca juga: WhatsApp Bakal Bisa Kirim Pesan ke Instagram dan FB Messenger

Fitur "Games" misalnya, bisa diakses melalui menu "Gaming" di dalam situs Facebook. Lalu, fitur "Businesses" bisa diakses lewat mesin pencari di jejaring sosial tersebut, dengan mengetikkan nama bisnis terkait untuk mencari halaman resminya.

Fitur chatbot sendiri tidak "dilenyapkan" dan bisa digunakan ketika pengguna mengaksesnya lewat alamat URL, atau kode QR yang mewakili halaman bisnis terkait di Facebook. 

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi aplikasi Messenger tanpa tab "Discover", ada baiknya untuk memperbarui aplikasi chatting ini di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X