Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto "Hands-On" Huawei P40 Beredar Sebelum Peluncuran

Kompas.com - 03/03/2020, 16:25 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei tengah bersiap meluncurkan ponsel flagship teranyarnya, Huawei P40 dan P40 Pro di Paris, Perancis, pada 26 Maret mendatang.

Meski masih jauh dari tanggal peluncuran, situs DigitalTrends menguak sejumlah gambar "hands-on" yang menampilkan sosok ponsel purwarupa, yang diyakini sebagai Huawei P40.

Sekilas, ponsel berwarna biru mengilap itu tampak mirip dengan Huawei P30 Pro, hanya ada sedikit perbedaan. Bentuk modul yang menampung tiga kamera belakang, misalnya, kini tampak berbentuk kotak, bukan lonjong.

Ada pula kata "Polarie" yang mengganti kata "Huawei", serta kata "Blink" yang biasanya merupakan penempatan dari kata "Leica". Tak aneh memang lantaran Huawei biasanya menggunakan kode nama semacam ini di ponsel purwarupanya. 

Baca juga: Huawei P40 dan P40 Pro Meluncur Maret 2020 Tanpa Aplikasi Google

 

Deretan kamera belakang di ponsel purwarupa yang diduga sebagai Huawei P40.Andy Boxall/DigitalTrends.com Deretan kamera belakang di ponsel purwarupa yang diduga sebagai Huawei P40.

Beralih ke sektor fotografi, ketiga kamera belakang Huawei P40 yang disusun secara vertikal dan dimuat dalam modul persegi ini tampak identik dengan P30 Pro.

Meski begitu, ukuran sensor kamera pertama dan kedua (diduga beresolusi 52 MP dan 40 MP), disebut lebih besar dibanding pendahulunya.

Di bawah dua lensa kamera bulat terdapat sebuah lensa kamera berbentuk kotak, lagi-lagi mirip P30 Pro. Konon, kamera tersebut memiliki fungsi telefoto.

Di sebelah modul persegi yang menampung ketiga kamera tadi juga terlihat sebuah LED flash, lubang mikrofon, serta kamera ToF yang disusun secara vertikal pula.

Baca juga: Google Ajukan Permohonan agar Huawei Boleh Pakai Play Store Lagi

Selain itu, tepat di bawah kamera telefoto tadi ada tulisan yang menyebut jenis lensa yang dipakai, yakni Vario-Summilux-H1.8-2.4/16-80 ASPH bikinan Leica. Lensa Leica yang seperti itu sempat dipakai di ponsel Mate 20 series yang meluncur pada 2018 lalu.

Kendati begitu, belum bisa dipastikan apakah lensa Huawei P40 akan sama dengan Mate 20 series, atau justru bakal diperbarui Huawei.

Bocoran spesifikasi Huawei P40 series

Tampilan punggung ponsel yang diduga sebagai P40 dari bagian bingkai atas.Andy Boxall/DigitalTrends.com Tampilan punggung ponsel yang diduga sebagai P40 dari bagian bingkai atas.

Nah, mengingat deretan gambar hands-on ini hanya menampilkan punggung P40 saja, detail bagian muka ponsel pun tidak bisa dideskripsikan.

Namun, kedua sisi (kiri dan kanan) layar P40 series dilaporkan tidak se-ekstrim P30 Pro dan Mate 30 series ketipisannya, sehingga masih ada ruang untuk menyematkan tombol power dan tombol volume di salah satu bagian bingkai ponsel.

Layarnya juga konon mendukung teknologi refresh rate kekinian, mencapai 120 Hz dan sudah ditanamkan dengan pemindah sidik jari di dalam layar (in-display).

Baca juga: Google: Ponsel Huawei Jangan Sembarangan Pakai Gmail, YouTube, dkk

Untuk hardware, semua ponsel Huawei P40 series kabarnya bakal dipersenjatai dengan chipset Kirin 990, konektivitas 5G dual-mode, berikut teknologi WiFi 6 yang mendukung kecepatan transfer data hingga 1.200 Mbps.

Kapasitas baterainya sendiri kemungkinan lebih besar dari 4.500 mAh, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DigitalTrends, Selasa (3/3/2020).

Mengingat Huawei P40 tadi kemungkinan hanya sebuah purwarupa, maka desain serta fitur ponsel yang terkuak lewat foto-foto hands-on di atas masih bisa berubah saat peluncurannya nanti.

Terlebih, ada spekulasi yang menyebut bahwa Huawei bakal meluncurkan model ekstra selain P40 "reguler" dan P40 Pro, yakni P40 Premium yang memiliki fitur andalan berupa kamera telefoto periskop dengan tingkat zoom optis mencapai 10x.

Kita nantikan saja kebenarannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com