Mengenal Charger VOOC Oppo dan Perkembangan Teknologinya

Kompas.com - 03/03/2020, 20:06 WIB
Teknologi VOOC Flash Charging didukung dengan smartchip MCU yang mengatur arus listrik secara otomatis. Dok. OppoTeknologi VOOC Flash Charging didukung dengan smartchip MCU yang mengatur arus listrik secara otomatis.

KOMPAS.com - Beberapa pemilik smartphone Oppo mungkin tidak asing melihat tulisan "VOOC" yang tertera di kepala charger. Biasanya, charger jenis ini dimiliki oleh smartphone kelas menengah hingga flagship milik Oppo.

Namun, apa sebenarnya arti VOOC? VOOC merupakan singkatan dari "Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging". Ini adalah teknologi pengisian daya cepat yang dikembangkan Oppo sejak tahun 2013.

Saat diperkenalkan pertama kali, VOOC diklaim memiliki kecepatan pengisian daya 400 persen lebih cepat dari charging lainnya. Dalam waktu 30 menit saja, VOOC disebut mampu mengisi daya baterai hingga 75 persen.

Debut di Oppo Find 7

VOOC debut bersama Oppo Find 7 tahun 2014 silam. Kala itu, pengisian smartphone umumnya masih mengandalkan 5V1A. Teknologi VOOC diperkenalkan dengan nama VOC Flash Charging yang hadir dengan peningkatan arus daya, bukan meningkatkan tegangan arus daya.

Baca juga: Oppo Find X Edisi Lamborghini Dirilis, Pertama dengan Super VOOC

Hal ini bertujuan untuk mengurangi bahaya yang sering timbul akibat tegangan arus daya yang terlalu tinggi. Cara kerjanya, arus daya akan meningkat dari posisi nol sampai 90 persen saja.

Setelahnya, pengisian daya akan kembali ke kecepatan pengisian daya biasa. Teknologi VOOC juga memiliki 5 lapisan proteksi keamanan kelebihan arus daya. Lapisan itu berada di adapter, baterai, hingga smartphone.

Perkembangan VOOC

Dalam waktu setengah tahun, Oppo mengembangkan VOOC dalam wujud powerbank dan charger mobil. Mereka juga merilis VOOC 1.1 yang ukuran adapternya lebih ramping dibanding pendahulunya.

Ukurannya mengecil menjadi setengah ukuran VOOC generasi pertama. Oppo juga merilis VOOC Mini Power Adapter yang diperkenalkan dengan Opo N3 dan Oppo R5 tahun 2014 lalu.

VOOC Power Bank OPPOMalik Afrian VOOC Power Bank OPPO

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X