Konferensi Fisik Google I/O Bulan Mei Dibatalkan karena Wabah Covid-19

Kompas.com - 04/03/2020, 07:57 WIB
Google I/O 2017 Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comGoogle I/O 2017

KOMPAS.com - Wabah virus Covid-19 ( corona) kembali membuat agenda besar teknologi dibatalkan. Setelah Mobile World Congress, Facebook F8 Developer Conference, dan Game Developer Conference, kini giliran konferensi developer Google I/O yang resmi dibatalkan.

Google I/O awalnya dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12-14 Mei 2020 mendatang.

"Karena kekhawatiran tentang virus Corona (Covid-19) dan atas arahan dari CDC, WHO, dan otoritas kesehatan lainnya, kami memutuskan untuk membatalkan acara fisik Google I/O di Shoreline Amphitheatre," jelas perwakilan Google.

Baca juga: Karyawan Google di Swiss Positif Terjangkit Virus Corona

Tidak hanya Google I/O, hajatan besar Google lainnya, yakni Cloud Next yang digelar di San Francisco, juga batal karena alasan yang sama. Google I/O menjadi salah satu agenda penting bagi Google tiap tahun.

Pada 2019, Google I/O dihadiri oleh 7.000 peserta. Di acara ini, biasanya perusahaan search engine itu memperkenalkan Android terbaru untuk pertama kalinya dan apa saja fitur yang dibawa. 

Android 11 kabarnya akan diperkenalkan pertama kali di Google I/O 2020. Google juga rajin memperkenalkan beberapa hardware baru dan pembaruan di beberapa aplikasi besutannya, seperti Google Maps, Gmail, dan sebagainya di panggung I/O.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Pabrik Google Dipindah ke Vietnam

Beberapa aplikasi dan perangkat Google juga lahir di acara ini, seperti Google Assistant, speaker pintar Google Home, dan Google Glass.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (4/3/2020), Google mengatakan akan mencari "cara lain" agar tetap bisa terhubung dengan para komunitas developer, mungkin secara online atau virtual.

Dikarenakan acara ini tidak gratis, Google menjanjikan refund tiket secara penuh pada 13 Maret mendatang.

Google I/O menjadi acara teknologi "korban" terbaru virus corona. Sebelumnya, Mobile World Congress yang sedianya berlangsung akhir 24-27 Februari lalu juga dibatalkan setelah para peserta besarnya mundur satu per satu, seperti Vivo, Amazon, dan Nokia.

Baca juga: MWC 2020 Batal, Barcelona Rugi Rp 7 Triliun

Begitu pula halnya dengan acara konferensi internasional Facebook, F8 Conference yang seharusnya berlangsung tanggal 5-6 Mei 2020. Sebagai gantinya, Facebook berencana menggelar acara secara lokal dan menyiarkannya secara live streaming.

Baca juga: Acara Terbesar Facebook Harusnya Mei, Dibatalkan Februari karena Covid-19

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X