Wabah Corona Bikin 5 Pabrik Kamera Canon di Jepang Berhenti Produksi

Kompas.com - 04/03/2020, 16:42 WIB
Tampilan kamera EOS-1DX Mark III saat peluncuran di Jakarta Utara, Jumat (21/2/2020). Kamera DSLR full-frame yang ditujukkan bagi para fotografer profesional ini dibanderol sekitar Rp 110 juta (body only). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTampilan kamera EOS-1DX Mark III saat peluncuran di Jakarta Utara, Jumat (21/2/2020). Kamera DSLR full-frame yang ditujukkan bagi para fotografer profesional ini dibanderol sekitar Rp 110 juta (body only).

KOMPAS.com - Canon menutup sementara lima pabriknya di Jepang, tepatnya yang berada di Pulau Kyusshu. Hal itu dikarenakan terhentiknya pasokan bahan baku akibat wabah virus corona.

Canon masih mengandalkan bahan baku kamera dan peralatan fotografi lain dari pabrik pemasok komponen di China. Seperti diketahui, di negara tersebut, banyak pabrik yang menghentikan produksinya akibat wabah corona.

Kelima pabrik kamera Canon itu terletak di prefektur Oita, Miyazaki dan Nagasaki. Pneutupan akan berlangsung antara 2 hingga 13 Maret 2020.

Baca juga: Harga Canon G7X Mark III di Indonesia dan Bedanya dengan Mark II

Canon akan mengejar keterlambatan produksi akibat penutupan pabrik ini saat kiriman pasokan bahan baku sudah kembali normal.

Dirangkum KompasTekno dari DPReview  (4/3/2020), pihak Canon belum memberikan penjelasan lebih lanjut akan penutupan kelima pabrik kamera.

Selain Canon, beberapa pabrik teknologi telah melakukan penghentian produksi, juga akibat virus corona, seperti pabrik layar LG di wilayah Korea Selatan, yang juga memasok komponen kamera untuk iPhone.

Tak hanya pabrik-pabrik teknologi saja yang lumpuh karena virus corona, sejumlah event teknologi internasional pun dibatalkan. Termasuk pameran telekomunikasi MWC 2020, pameran fotografi CP+ 2020, hingga konferensi developer Facebook F8.

Awalnya virus corona diklaim berasal dari sebuah pasar seafood di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kemungkinan penyebaran virus dimulai sejak awal Desember 2019, bahkan sejak akhir November 2019. 

Baca juga: Karyawan Terinfeksi Corona, Samsung Tutup Sementara Pabrik Galaxy Z Flip

Kini wabah virus tersebut telah menyebar ke berbagai wilayah negara di dunia. Meskipun banyak orang yang terinfeksi, namun jumlah pasien yang sembuh dari virus itu juga terus mengalami peningkatan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber DPReview
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X