Microsoft Gandeng Telkomsel Kembangkan IoT dan AI di Indonesia

Kompas.com - 04/03/2020, 18:34 WIB
(Kiri - Kanan) Satya Nadella, CEO, Microsoft; Andrea Della Mattea, President, Microsoft Asia-Pasifik; Haris Izmee, Presiden Direktur, Microsoft Indonesia; Setyanto Hantoro, CEO, Telkomsel; Ririn Widaryani, Direktur Sales, Telkomsel; Bharat Alva, Direktur IT, Telkomsel; Rachel Goh, Direktur Marketing, Telkomsel, berfoto bersama seusai penandatanganan MoU antara Microsoft dengan Telkomsel dalam acara //Dev Con/ Digital Economy Summit 2020 di Jakarta (27/02). Dokumentasi Microsoft(Kiri - Kanan) Satya Nadella, CEO, Microsoft; Andrea Della Mattea, President, Microsoft Asia-Pasifik; Haris Izmee, Presiden Direktur, Microsoft Indonesia; Setyanto Hantoro, CEO, Telkomsel; Ririn Widaryani, Direktur Sales, Telkomsel; Bharat Alva, Direktur IT, Telkomsel; Rachel Goh, Direktur Marketing, Telkomsel, berfoto bersama seusai penandatanganan MoU antara Microsoft dengan Telkomsel dalam acara //Dev Con/ Digital Economy Summit 2020 di Jakarta (27/02).

KOMPAS.com -  Microsoft dan Telkomsel sepakat melakukan kerja sama baru. Dalam kemitraan ini, kedua perusahaan berupaya membawa sejumlah teknologi terkini ke daerah terpencil di Indonesia.  

Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu daerah-daerah terpencil Indonesia untuk mendapatkan konektivitas yang sebanding dengan kota besar.

Kedua perusahaan tersebut akan menggabungkan teknologi jaringan internet generasi kelima (5G) milik Telkomsel dengan kecerdasan buatan (AI) Cloud Edge, hub data, hingga Internet of Things (IoT) milik Microsoft.

Chief Executive Officer Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan kolaborasi ini bisa meningkatkan daya saing dan kualitas hidup di Indonesia.

"Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus berkontribusi memajukan Indonesia dengan memastikan penyebaran jaringan yang sama serta memberikan akses tanpa batas ke teknologi digital terbaru di seluruh Indonesia," ujarnya melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Rabu (4/3/2020).

Dalam kerja sama ini, Microsoft juga akan memberikan sejumlah fasilitas kepada Telkomsel.

Baca juga: Kominfo Bikin Peraturan Menteri untuk Muluskan Investasi Data Center Microsoft

 Telkomsel akan mendapatkan program pengembangan hingga fasilitas pemberdayaan teknis untuk meningkatkan kemampuan penjualan.  

Presden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee mengatakan bahwa dalam kerja sama ini, Microsoft dan Telkomsel akan membangun proyek percontohan dengan penerapan Azure Stack Edge untuk pelanggan di daerah terpencil. 

Proyek percontohan tersebut dibangun di atas jaringan infrastruktur Privat LTE milik Telkomsel. 

"Melalui kemitraan ini, Microsoft dan Telkomsel siap menyatukan kemampuan dan sumber daya dari kedua perusahaan untuk memperluas hubungan bisnis dan mencapai tujuan bersama kami," kata Haris.

Telkomsel pun akan meningkatkan kemampuan teknis untuk mengadopsi solusi dari Microsoft ini.

Baca juga: CEO Microsoft Hadiri Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta

Mereka juga akan mengembangkan solusi digital bagi perusahaan, dengan memanfaatkan platform teknologi Microsoft untuk industri energi dan manufaktur.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh pihak Microsoft dan Telkomsel, serta disaksikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella, dalam acara Dev Con Microsoft Indonesia Digital Economy Summit di Jakarta minggu lalu.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X