Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Gandeng Telkomsel Kembangkan IoT dan AI di Indonesia

Kompas.com - 04/03/2020, 18:34 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft dan Telkomsel sepakat melakukan kerja sama baru. Dalam kemitraan ini, kedua perusahaan berupaya membawa sejumlah teknologi terkini ke daerah terpencil di Indonesia.  

Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu daerah-daerah terpencil Indonesia untuk mendapatkan konektivitas yang sebanding dengan kota besar.

Kedua perusahaan tersebut akan menggabungkan teknologi jaringan internet generasi kelima (5G) milik Telkomsel dengan kecerdasan buatan (AI) Cloud Edge, hub data, hingga Internet of Things (IoT) milik Microsoft.

Chief Executive Officer Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan kolaborasi ini bisa meningkatkan daya saing dan kualitas hidup di Indonesia.

"Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus berkontribusi memajukan Indonesia dengan memastikan penyebaran jaringan yang sama serta memberikan akses tanpa batas ke teknologi digital terbaru di seluruh Indonesia," ujarnya melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Rabu (4/3/2020).

Dalam kerja sama ini, Microsoft juga akan memberikan sejumlah fasilitas kepada Telkomsel.

Baca juga: Kominfo Bikin Peraturan Menteri untuk Muluskan Investasi Data Center Microsoft

 Telkomsel akan mendapatkan program pengembangan hingga fasilitas pemberdayaan teknis untuk meningkatkan kemampuan penjualan.  

Presden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee mengatakan bahwa dalam kerja sama ini, Microsoft dan Telkomsel akan membangun proyek percontohan dengan penerapan Azure Stack Edge untuk pelanggan di daerah terpencil. 

Proyek percontohan tersebut dibangun di atas jaringan infrastruktur Privat LTE milik Telkomsel. 

"Melalui kemitraan ini, Microsoft dan Telkomsel siap menyatukan kemampuan dan sumber daya dari kedua perusahaan untuk memperluas hubungan bisnis dan mencapai tujuan bersama kami," kata Haris.

Telkomsel pun akan meningkatkan kemampuan teknis untuk mengadopsi solusi dari Microsoft ini.

Baca juga: CEO Microsoft Hadiri Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta

Mereka juga akan mengembangkan solusi digital bagi perusahaan, dengan memanfaatkan platform teknologi Microsoft untuk industri energi dan manufaktur.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh pihak Microsoft dan Telkomsel, serta disaksikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella, dalam acara Dev Con Microsoft Indonesia Digital Economy Summit di Jakarta minggu lalu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com