Cari Barang Belanjaan Online Tak Harus Diketik Teks

Kompas.com - 04/03/2020, 20:05 WIB
Megawaty Khie, Country Director Google Cloud Indonesia. KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaMegawaty Khie, Country Director Google Cloud Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren teknologi digital saat ini telah berkembang semakin pesat. Sebuah aplikasi bahkan mampu mengubah perilaku seseorang dalam bertindak, salah satunya dalam berbelanja.

Bahkan proses belanja online pun ikut berubah, tak lagi melulu mengandalkan teks yang diketik untuk melakukan pencarian, melainkan juga bisa mengandalkan metode lain, seperti foto dan suara.

Hal tersebut disampaikan oleh Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie.

"Saya liat trennya adalah sekarang kalau kita melakukan pencarian, tidak menggunakan teks lagi, bisa pakai perintah suara melalui Google Assistant," kata Megawati.

Baca juga: Kamera Pintar Google Lens Disebar ke Semua Android

Tak hanya sebatas suara saja, pengguna, dikatakan Megawaty, juga dapat mencari informasi sebuah barang melalui foto.

"Di Google Lens kita ada teknologi Artificial Intelligence (AI) yg bisa mendeteksi foto, dan aplikasi tersebut bisa langsung merekomendasikan tempat untuk membeli barang tersebut," lanjut Megawaty.

Sebagai contoh, pengguna bisa menggunakan Google Lens untuk memotret sebuah botol minum. Nantinya aplikasi tersebut mampu merekomendasikan di mana pengguna bisa membeli botol dimaksud, lengkap dengan harganya.

Baca juga: Gambar Bergerak di Film Harry Potter Bakal Terwujud Lewat Google Lens

Teknologi AI yang ditanamkan pada Google Lens dan Google Assistant, diklaim Megawaty, mampu memberikan jawaban yang akurat. Hal ini dikarenakan keduanya mengandalkan kumpulan informasi dari sistem penyimpanan data yang telah dikumpulkan Google.

Aplikasi Google Lens sendiri sudah hadir sejak 2017, sementara Google Assistant muncul satu tahun sebelumnya. Pengguna bisa mengakses kedua aplikasi tersebut melalui ponsel Android dan iOS.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X