Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dark Mode WhatsApp Akhirnya Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 05/03/2020, 08:40 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemarin, WhatsApp telah mengumumkan ketersediaan fitur mode gelap atau dark mode pada aplikasinya.

Namun, sejumlah pengguna WhatsApp di Indonesia melaporkan belum mendapat update atau fitur dark mode tersebut. Dalam keterangannya, WhatsApp memang menyebutkan penyebaran fitur akan dilakukan bertahap.

Hari ini, Kamis (5/3/2020), fitur dark mode WhatsApp akhirnya menyambangi Indonesia.

Pantauan KompasTekno di laman Google Play Store dan Apple App Store, Kamis (5/3/2020) pagi, WhatsApp sudah mendapat pembaruan. Dalam keterangan aplikasi disebutkan bahwa salah satu fitur teranyar dalam pembaruan tersebut adalah dark mode.

Untuk versi Android, WhatsApp yang sudah punya pilihan tema antarmuka serba gelap ini adalah versi 2.20.64, sementara untuk iOS versi 2.20.30.

Ilustrasi pembaruan WhatsApp di Google Play Store dan App Store.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi pembaruan WhatsApp di Google Play Store dan App Store.
Adapun dark mode sendiri merupakan fitur yang ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp sejak lama.

Karena, selain tampilan gelap diklaim bikin layar ponsel tak memakan daya berlebih. Selain itu, tampilan antarmuka hitam juga bisa mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang rendah cahaya.

Nah, bagi yang penasaran ingin langsung menikmati sensasi dark mode di aplikasi WhatsApp, Anda bisa langsung memperbarui aplikasi chatting ini dengan mengunjungi tautan berikut ini untuk Android atau berikut ini untuk iOS.

Baca juga: Begini Cara Mengunci WhatsApp Pakai Sidik Jari

Cara mengaktifkan dark mode WhatsApp

Setelah memasang pembaruan, Anda bisa langsung mengaktifkan fitur ini melalui menu pengaturan, tepatnya di menu "Settings" > "Chats" > dan "Theme".

Cara mengaktifkan tampilan serba hitam di WhatsAppKOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan tampilan serba hitam di WhatsApp

Pada menu "Theme" tadi, klik pilihan "Dark" dan klik tombol "OK" untuk mengaktifkan. Beberapa detik kemudian, WhatsApp Anda akan berubah tampilan dengan warna serba hitam.

Selain diaktifkan lewat aplikasi, pengguna yang sistem operasi perangkatnya sudah Android 10 atau iOS 13 juga bisa mengaktifkan mode gelap lewat menu pengaturan ponsel.

Untuk melihat panduannya dalam video, silakan simak melalui tautan ini, https://www.youtube.com/watch?v=gMuzqmbyeeM.

Baca juga: Mode Gelap Resmi Hadir di Instagram, Begini Cara Mengaktifkannya

Tampilan mode gelap di WhatsApp pun serupa dengan tema gelap di Instagram. Mode ini membuat tampilan WhatsApp didominasi warna hitam.

Hanya saja, padu padannya disesuaikan dengan ciri khas WhatsApp. Saat mode gelap aktif, warna gelap akan mendominasi seluruh tampilan WhatsApp, mulai dari beranda hingga ruang obrolan.

Warna gelap tersebut dipadu dengan warna hijau yang jadi ciri khas WhatsApp di beberapa bagian seperti ikon "chat" yang ada di bagian bawah, bubble atau balon notifikasi, serta status saat mengetik.

Di dalam ruang obrolan, kolom teks pesan yang dikirim akan berwarna hijau, sementara kolom teks pesan diterima akan berwarna gelap. Untuk pesan teks dan nama kontak yang tertera di beranda, akan berwarna putih.

Baca juga: Cara Ganti Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com