Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Uji Coba "Fleets", Fitur Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 05/03/2020, 09:57 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan media sosial agaknya sedang gemar bereksperimen dengan konten yang bisa terhapus sendiri ala Snapchat atau Instagram Stories.

Setelah LinkedIn dilaporkan sedang bersiap menerapkan fitur itu, kini giliran Twitter yang kabarnya sedang menguji coba konsep serupa yang bernama "Fleets".

Baca juga: LinkedIn Siapkan Fitur Stories ala Instagram

Dinamakan Fleet yang dalam Bahasa Indonesia berarti "cepat", karena fitur ini mengakomodasi posting berdurasi tayang singkat sebelum terhapus secara otomatis, yakni hanya 24 jam layaknya Instagram Stories.

Mo Aladham, Product Manager Twitter mengatakan, fitur ini hadir untuk memberikan alternatif bagi pengguna Twitter yang kurang nyaman membuat twit karena bersifat publik dan mengendap di profil pengguna secara permanen.

"Kami ingin membuat Anda bisa memiliki percakapan dengan cara baru dan tanpa tekanan, lebih banyak kontrol, melampaui twit dan pesan langsung. Hari ini di Brazil, kami menguji coba Fleet, cara baru untuk memulai percakapan dari pikiran cepat Anda," jelas Aladham.

Tidak hanya teks, pengguna bisa mengunggah GIF, foto, dan video di Fleet. Nantinya unggahan Fleet dari akun yang diikuti akan bertengger di sisi atas timeline.

Baca juga: Twitter Wajibkan 5.000 Karyawan Bekerja dari Rumah gara-gara Corona

Fleet dari orang yang Anda ikuti dan mengkuti Anda (mutual) akan muncul lebih awal, diikuti oleh akun yang hanya Anda ikuti saja. Dengan demikian Fleet diharapkan bisa memicu percakapan yang lebih personal.

Pengguna bisa memberikan emoji, like, atau membalas Fleet melalui pesan langsung dan membuat percakapan di sana. Dengan cara ini, unggahan tidak akan terlihat publik dan tidak akan mendapatkan retweet.

Twitter FleetThe Verge Twitter Fleet

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (5/3/2020), Twitter sendiri sebenarnya mengembangkan konsep Fleets selama lebih dari setahun.  Head Product Twitter Kayvon Beykpour pun mengakui bahwa format Fleets memang meirip dengan Stories.

"Memang ada banyak kemiripan dengan Stories yang familiar dengan orang-orang. Ada juga beberapa perbedaan yang disengaja agar pengalamannya lebih fokus ke sharing dan melihat isi pikiran orang lain," kicau Beykpour dalam sebuah tweet.

Baca juga: Akuisisi Chroma Labs, Twitter Bakal Hadirkan Fitur Stories?

Untuk sekarang, Fleet masih dalam tahap uji coba di Brazil yang bersifat internal dan hanya dilakukan oleh para pegawai Twitter.

Seperti Instagram Stories, Fleet kemungkinan akan memiliki banyak fitur edit foto dan video. Sebab beberapa waktu lalu, Twitter telah mengakuisisi Chroma Labs, sebuah startup pengembang aplikasi edit foto dan video populer Chroma Stories.

Tidak disebutkan berapa nilai akuisisi ini. Tapi setelah diakuisisi, seluruh tim Chroma Labs akan bergabung dengan tim produk, desain, dan tim teknis di Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com