Hubungi Nomor WhatsApp Ini untuk Informasi Aktual Virus Corona

Kompas.com - 05/03/2020, 10:54 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Informasi tentang perkembangan Covid-19 atau wabah virus corona memang banyak tersebar di berbagai media massa dan media sosial.

Namun hati-hati dalam menyerap informasi di media sosial, sebab bisa jadi informasi itu tidak benar atau hoaks, dengan tujuan meresahkan.

Kini ada cara mudah untuk mengakses informasi aktual seputar perkembangan virus corona.

Tidak cuma informasi terbaru, tapi juga ada beberapa informasi seperti bagaimana virus itu menyebar, bagaimana cara melindungi diri, termasuk misinformasi apa saja yang beredar tentang corona.

Baca juga: KawalCOVID19, Inisiatif Mengawal Informasi Virus Corona di Indonesia

Semua informasi tersebut dirangkum oleh United Nations Children's Fund ( UNICEF) Indonesia, menggunakan portal informasi U-Report. Selain UNICEF, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Federasi Internasional Palang Merah juga terlibat dalam memberikan informasi ini.

Lantas bagaimana cara mengaksesnya? Pengguna WhatsApp di Indonesia bisa menyimpan nomor U-Report yakni +628119004567 atau mengklik tautan berikut.

Kemudian kirim pesan pertama dengan kata kunci "corona". Nantinya akan ada pesan otomatis balasan yang akan muncul.

Dari percobaan yang dilakukan KompasTekno, pengguna akan lebih dulu diminta beberapa identitas, seperti usia, jenis kelain, dan domisili.

Setelah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tadi, akan muncul informasi seputar virus corona, seperti berapa pasien terinfeksi dan korban meninggal dunia.

Baca juga: WHO Unggah Video TikTok soal Virus Corona

Kemudian akan ada beberapa menu informasi lain yang bisa dipilih pengguna, termasuk bagaimana cara melindungi diri agar tidak terinfeksi virus corona.

Tangkapan layar informasi tentag corona yang diberikan U-Report, bekerja sama dengan UNICEF, WHO, dan Federasi Internasional palang Merah melalui WhatsApp.Kompas.com Tangkapan layar informasi tentag corona yang diberikan U-Report, bekerja sama dengan UNICEF, WHO, dan Federasi Internasional palang Merah melalui WhatsApp.

 

Kendati demikian, informasi resmi dari pemerintah melalui Kemeterian Kesehatan tetap menjadi acuan utama masyarakat. Untuk itu, pemerintah telah menyediakan situs khusus http://infeksiemerging.kemkes.go.id/ untuk memberikan informasi terbaru tentang virus corona.

Dari situs tersebut, diketahui ada 90.000 lebih kasus corona yang terkonfirmasi di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri ada dua orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan 356 orang negatif. Sementara ada 14 orang yang tercatat masih dalam pemeriksaan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X