Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMAN 1 Sambas Juara Lomba Cerdas Cermat Ilmupedia

Kompas.com - 05/03/2020, 17:26 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - SMAN 1 Sambas menjadi juara perlombaan cerdas cermat Ilmupedia Berani Jawab (IBJ) yang diinisiasi oleh Telkomsel, sejak 5 Februari 2020.

Perlombaan ini sebagai salah satu langkah Telkomsel mengenalkan paket data Ilmupedia kepada seluruh pelajar di Indonesia. Paket data ini memberikan akses gratis kepada beberapa platform belajar seperti Zenius, Quipper, Cakap dan Bahaso.

Adapun lomba Ilmupedia Berani Jawab (IBJ) ini diikuti lebih dari 18.200 murid SMA yang terbagi menjadi sekitar 3.700 tim yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Selain SMAN 1 Sambas yang menjadi juara pertama, juara kedua dan ketiga masing-masing direbut oleh Sekolah Global Mandiri Cibubur dan SMAN 1 Pekalongan.

Baca juga: Paket Data Khusus Pelajar dari Telkomsel, 3 GB Rp 25.000

“Selamat kepada sekolah-sekolah yang telah menorehkan prestasi dalam ajang ilmupedia Berani Jawab! ini. Kami harap, mereka mampu menginspirasi para pelajar lainnya," ujar Vice President Mass Market Telkomsel, Hastining B. Astuti di kantor Telkomsel, Kamis (5/3/2020).

Seluruh peserta cerdas cermat Ilmupedia Berani Jawab (IBJ) berasal dari 2.026 sekolah di 329 kota yang mencakup daerah penjuru Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke.

Setelah melewati dua babak eliminasi yang dilakukan secara online, kedua belas sekolah itu mengikuti babak Grand Final IBJ yang diselenggarakan di Telkomsel Smart Office, Jakarta, pada Kamis (5/3/2020).

Kedua belas tim tersebut adalah SMAN 1 Sambas, SMAN 3 Pontianak, SMA Katolik Rajawali Makassar, SMAN 2 Mataram, SMAN 1 Pekalongan, SMAN 1 Bojonegoro, SMANU MH Thamrin Jakarta, SMAN 1 Garut, Sekolah Global Mandiri Cibubur Bogor, SMAU CT Foundation Medan, SMAN 1 Matauli Pandan Tapanuli Tengah, dan SMA Xaverius Kota Lubuklinggau.

Ketiga pemenang dan Top 12 lainnya, mendapatkan hadiah dengan nilai total lebih dari Rp 360 juta. Tak hanya itu, khusus ketiga pemenang mendapatkan beasiswa dan tabungan pendidikan.

Baca juga: Cara Langganan YouTube Music Premium Khusus Pelajar, Harga Lebih Murah

Telkomsel berencana akan kembali mengadakan perlombaan cerdas cermat ini pada pertengahan tahun mendatang.

Tentang Paket Ilmupedia, paket internet ini dikhususkan untuk para siswa Indonesia ini dapat memberikan akses aplikasi belajar online secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com