Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Ternyata Bisa Menjalankan Android, Ini Buktinya

Kompas.com - 06/03/2020, 07:53 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - iPhonemenjalankan sistem operasi iOS dari Apple. Apakah ponsel ini bisa dibuat menjankan OS lain? Ternyata bisa, seperti yang dibuktikan oleh startup cybersecurity Corellian Team.

Menggunakan exploit jailbreak ckecra1n, Corellian berhasil menjalankan sistem operasi Android pada iPhone 7 dan 7 Plus. Upaya menjalankan Android di smartphone Apple ini dinamai sebagai "Project Sandcastle".

Baca juga: 6 Foto Night Mode iPhone Terbaik Pilihan Apple

"Project Sandcastle bertujuan bersenang-senang membangun sesuatu yang baru dari hardware," ujar CEO Corellian Amanda Gorton dalam sebuah pernyataan.

"Apple membatasi pengguna iPhone dalam sebuah sandbox. Tapi mereka memiliki hardware ponsel dan seharusnya bisa memakai hardware itu sesuai kehendak," imbuh Gorton, dihimpun KompasTekno dari Forbes, Jumat (6/3/2020).

Dengan menggunakan exploit jailbreak checkra1n, pengguna bisa memperoleh akses ke bootloader yang nantinya berguna untuk menginstal sistem operasi Android di perangkat iPhone.

Exploit chekra1n pertama kali dirilis pada 2019 lalu dan bisa digunakan di aneka model iPhone, mulai dari iPhone 4s hingga iPhone X. Karena sifatnya yang berada di hardware ROM, Apple tidak bisa menambal celah ini.

Baca juga: Pabrik Kamera iPhone Milik LG Ditutup karena Corona

Meski sistem operasi Android mampu dijalankan pada perangkat iPhone, tidak semua fitur dapat berfungsi. Misalnya, audio, seluler, bluetooth, GPU dan kamera tidak dapat berfungsi normal.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com