Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Assistant Kini Bisa Bacakan Isi Website dalam Bahasa Indonesia

Kompas.com - 06/03/2020, 10:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal Januari lalu, tepatnya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, Google memperkenalkan kemampuan baru Google Assistant. Kemampuan baru si asisten virtual itu adalah membacakan isi keseluruhan website untuk pengguna.

Akhirnya fitur bernama "Read it" tersebut resmi digulirkan pekan ini. Read it akan hadir di semua perangkat Android dengan OS Android versi 5 atau yang lebih baru. Penyalurannya dilakukan secara bertahap.

"Read it adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna mendengarkan halaman situs web menggunakan text-to-speech," jelas David Kadouch, Product Lead Google dalam video peluncuran fitur Read It.

Baca juga: Fitur Penerjemah Real Time Hadir di Google Assistant, Dukung Bahasa Indonesia

Text-to-speech, menurut Kadouch, kini dibuat lebih canggih dan terdengar lebih natural, alih-alih terdengar kaku seperti suara robot.

Dihimpu KompasTekno dari blog Google, Jumat (6/3/2020), untuk mendukung fitur Read It, Google menggunakan tool bernama Neural Network,  yakni teknologi machine learning untuk membacakan teks dengan format halaman panjang.

Agar terdengar lebih seperti manusia, machine learning ini menitik beratkan pada penekanan, intonasi, dan ritme saat membaca teks. Pengguna bisa membaca website yang dibuka melalui browser Chrome, Google App, atau Googe News App.

Fitur Read It bisa membacakan teks dalam 42 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Pengguna juga bisa menggunakan opsi "translate" untuk menterjemahkan teks di website sebelum mendengarkan.

Baca juga: Google Assistant Bisa Beri Gombalan bagi Para Jomblo dan Patah Hati

Kadouch mengatakan, Google menggunakan fasilitas Google Translate untuk mengalihbahasakan teks di dalam website. KompasTekno telah mencoba fitur ini dan berhasil membuat Google Assistant membacakan isi situs dalam bahasa Indonesia.

Tombol Read It di menu Google Assistant untuk membacakan isi website. KOMPAS.com/ REZA WAHYUDI Tombol Read It di menu Google Assistant untuk membacakan isi website.
Caranya pun mudah, cukup buka sebuah website di Chrome, Google App, maupun Google News App, kemudian katakan "Ok Google, read it".

Selain lewat perintah suara, pengguna juga bisa membuat Google Assistant membacakan isi situs dengan menekan tombol "Read it" yang muncul ketika asisten dipanggil, seperti gambar di samping.

Sebelum bisa membacakan isi website, aplikasi Google perlu diberikan izin untuk mengakses konten on-screen terlebih dahulu.

Pengguna juga bisa mengatur kecepatan baca si asisten virtual. Tidak perlu menggulir website, sebab Google Assistant sudah dibekali kemampuan scrolling secara otomatis sampai ke halaman paling bawah.

Video tutorial penggunaan fitur Read It bisa dilihat di video Google di tautan ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com