TCL Pamer Ponsel Layar Lipat Tiga dan Gulung

Kompas.com - 06/03/2020, 15:49 WIB
Purwarupa ponsel yang bisa dilipat menjadi tiga bagian buatan TCL. Phone ArenaPurwarupa ponsel yang bisa dilipat menjadi tiga bagian buatan TCL.

KOMPAS.com - Ponsel layar lipat sudah menjadi tren bagi vendor smartphone. Sebut saja Huawei yang memperkenalkan Mate X tahun lalu, atau Samsung yang bahkan sudah menelurkan dua tipe smartphone layar lipat.

Seakan tidak mau ketinggalan, perusahaan elektronik asal China, TCL juga mulai ikut tren ini. Bukan cuma satu, tetapi ada dua konsep layar lipat yang dibuat TCL.

Sejatinya, salah satu konsep lebih tepat disebut layar gulung alias rollable. Sementara satu lagi adalah ponsel yang bisa dilipat menjadi tiga bagian. Dua konsep ini masih terwujud dalam purwarupa.

Ponsel yang dilipat menjadi tiga bagian

Konsep ini seperti konsep ponsel lipat pada umumnya. Melipat layar berukuran tablet menjadi seukuran smartphone.

Baca juga: Alasan Huawei Tak Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Ponsel lipat TCL memiliki bentang layar 10 inci saat dibentangkan dalam mode tablet kemudian menciut menjadi 6,7 inci saat dilipat ke ukuran smartphone dengan rasio 20,8:9 dan resolusi 3K.

Punggungnya memiliki desain yang 3D holographic. Untuk membuatnya ke ukuran smartphone, satu sisi layar dilipat ke dalam dan sisi ainnya dilipat ke luar.

Mekanisme lipatan semacam iu bisa terwujud berkat dua engsel (hinge) yang dikembangkan TCL, yakni Dragon hinge dan Butterfly hinge. Keduanya memiliki peran berbeda.

Dragon hinge melipat layar ke dalam, seperti buku, atau mirip dengan lipatan di Galaxy Fold.
Sementara Butterfly hinge melipat ke arah sebaliknya, sehingga layar bisa ditekuk ke bentuk zig-zag.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (6/3/2020), TCL sesumbar bahwa lipatannya akan mulus saat dilipat dan dibentangkan.

Ilustrasi render ponsel teranyar TCL ketika layarnya disembunyikan (gambar di bagian paling kiri dan tengah) serta ketika layarnya ditarik keluar jika dilihat dari sisi belakang (gamar bagian kanan).CNET Ilustrasi render ponsel teranyar TCL ketika layarnya disembunyikan (gambar di bagian paling kiri dan tengah) serta ketika layarnya ditarik keluar jika dilihat dari sisi belakang (gamar bagian kanan).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X