Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibongkar, "Harga Asli" Galaxy S20 Ultra Hanya Rp 7,5 Juta

Kompas.com - 07/03/2020, 11:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy S20 Ultra mulai dijual di Indonesia pada Rabu (4/3/2020) lalu, dan dijual dengan banderol harga Rp 18,5 juta.

Meski memiliki harga yang fantastis, ponsel flagship ini sangat dielu-elukan karena membawa terobosan terbaru dalam teknologi kamera ponsel.

Namun tahukah Anda kalau ternyata "harga asli" Galaxy S20 Ultra hanyalah Rp 7,5 juta?

Setelah membongkar dan menganalisa biaya komponen S20 Ultra, situs TechInsights mengungkap bahwa untuk mempoduksi satu unit Galaxy S20 Ultra, Samsung hanya perlu mengeluarkan kocek 528 dollar AS atau setara dengan Rp 7,5 juta.

Baca juga: Fitur Kamera Jadi Alasan Konsumen Memilih Galaxy S20 Ultra

Dari seluruh komponen hardware yang ada, diketahui bagian kamera merupakan sektor yang paling memakan banyak biaya, yakni sebesar 107,5 dollar AS atau senilai Rp 1,5 juta.

Selanjutnya komponen SoC merupakan komponen nomor dua yang paling banyak menelan biaya ponsel, yakni sebesar 81 dollar AS (Rp 1,1 juta) dan diikuti oleh segi display 67 dollar AS (Rp 950.000).

Angka ini terlihat kontras jika dibandingkan dengan total harga komponen Galaxy S10 Plus, yang hanya membutuhkan biaya 420 dollar AS atau sekitar Rp 6 juta.

Hal ini dikarenakan Galaxy S10 Plus tidak menggunakan komponen kamera yang semumpuni Galaxy S20 Ultra.

Galaxy S20 Ultra memiliki tiga kamera belakang yang masing-masing adalah kamera ultra wide 12 megapiksel (f/2.2), kamera wide angle 108 megapiksel (f/1.8), dan telefoto 48 megapiksel PDAF (f/3.5).

Baca juga: Review Samsung Galaxy S20 Ultra, Tes Kamera dan Hasil Fotonya

Kamera telefoto 48 megapiksel Galaxy S20 Ultra memiliki kemampuan zoom hingga 100x. Samsung menyebutnya dengan "Space Zoom".

Dirangkum KompasTekno dari TechInsights, Sabtu (7/3/2020), perkiraan harga ini hanya mengacu pada harga komponen jadi, dan tidak memperhitungkan faktor eksternal seperti biaya produksi, ongkos tenaga kerja, biaya pemasaran, riset dan faktor lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com