Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Teknologi dan Musik Tahunan SXSW Batal Digelar karena Corona

Kompas.com - 08/03/2020, 17:13 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ajang festival teknologi, film, dan musik tahunan, South by Southwest (SXSW) 2020 batal digelar. Keputusan pembatalan ini diambill penyelenggara karena kekhawatiran akan persebaran wabah corona

Keputusan tersebut diambil satu minggu sebelum ajang tahunan ini digelar. SXSW 2020 awalnya direncanakan akan dilaksanakan pada 13 hingga 22 Maret 2020 mendatang di Austin, Texas, Amerika Serikat

Walikota Austin, Steve Adler, juga mengonfirmasi hal tersebut. Ia juga meminta penyelenggara membatalkan acara tersebut demi kepentingan kesehatan masyarakat. 

"Saya telah mengeluarkan perintah untuk membatalkan acara South by Southwest," kata Adler.

Keputusan ini juga diumumkan penyelenggara melalui akun Twitter @SXSW. Menurut mereka, situasi saat ini tidak kondusif untuk menggelar acara tahunan tersebut. 

Pihak penyelenggara SXSW pun sedang berencana untuk menjadwal ulang festival musik dan teknologi tahunan itu agar tetap bisa diselenggarakan.

Keputusan ini juga menimbulkan kerugian bagi perekonomian setempat. Pasalnya, penyelenggaraan SXSW setiap tahun turut memberikan sumbangsih bagi pendapatan wilayah setempat khususnya sektor pariwisata.

Pada tahun 2019 lalu, ajang tahunan ini memberikan pemasukan sebanyak 355,9 juta dollar AS untuk wilayah Austin. 

Baca juga: Konferensi Google I/O Bulan Mei Dibatalkan karena Wabah Virus Corona

Kekhawatiran atas persebaran corona ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, acara tahunan ini akan menghadirkan sebanyak setengah juta pengunjung. 

Apalagi diketahui bahwa kasus penyebaran wabah virus korona di Amerika Serikat mulai meningkat di beberapa negara bagian Washington.

Sebelum ajang SXSW 2020 resmi dibatalkan, CEO Twitter Jack Dorsey pun telah menarik diri untuk tidak berpartisipasi dalam acara tersebut.

Bahkan perusahaan teknologi seperti Amazon, Apple, dan Netflix juga mengumumkan keputusan untuk tidak menyiarkan secara perdana film dan proyek TV baru mereka di acara SXSW 2020.

Facebook, TikTok, LinkedIn, dan Intel juga demikian, mereka dilaporkan mengundurkan diri
untuk hadir dalam acara tahunan tersebut sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Pameran Game Tahunan di AS Ditunda akibat Virus Corona

Sebagai informasi, pembatalan acara ini juga merupakan pertama kalinya dalam sejarah South by Southwest (SXSW) yang telah berlangsung selama 34 tahun berturut-berturut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com