Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Oppo Find X2 Pro Jadi yang Terbaik Versi DxOMark

Kompas.com - 09/03/2020, 09:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Oppo akhirnya resmi merilis ponsel Find X2 dan Find X2 Pro, setelah sempat tertunda akhir Februari lalu. Dua flagship ini membawa peningkatan cukup signifikan dibanding pendahulunya, Oppo Find X.

Salah satu peningkatannya ada di sektor kamera, terutama yang diusung oleh Find X2 Pro. Secara spesifikasi kamera, versi Pro memang lebih unggul dibanding Find X2.

Hal ini pun makin diperkuat oleh pengakuan situs benchmarking kamera DxOMARK. Situs yang kerap meranking hasil kamera smartphone ini menempatkan Find X2 Pro di urutan pertama sebagai smartphone dengan kemera terbaik saat ini.

Hal ini diumbar pula oleh Michael Tran, Head of Strategy & Product Marketing Oppo Western Europe di atas panggung peluncuran Find X2 Pro yang berlangsung di Auditori Forum CCIB, Barcelona, Jumat (6/3/2020) lalu.

Baca juga: Pre-order Mulai 7 Maret, Ini Harga Oppo Find X2 dan X2 Pro di Indonesia

"Dengan bangga kami mengumumkan bahwa kami berada di urutan pertama ranking DxOMARK," kata Tran.

DxOMARK mengganjar kamera Find X2 Pro dengan total skor 124. Lebih spesifik lagi, hasil foto Oppo Find X2 Pro meraih skor 134, sementara hasil video meraih skor 104.

Berkat autofokus dan dual OIS

Dilansir dari situs DxOMARK, penyumbang skor tertinggi untuk hasil foto ada di fitur autofokus dengan poin maksimal 100. Hasil ini diraih berkat teknologi baru yang dikembangkan Oppo bernama All Pixel Omni-directional PDAF.

"Dengan teknologi ini, masing-masing piksel menjadi titik fokus yang akan membuat fokus menjadi lebih cepat dan lebih akurat bahkan di dalam gelap," jelas Tran.

Sensor ini diklaim bekerja lebih baik pula untuk memotret obyek kecil. Selain itu, Oppo juga menanamkan dual OIS (optical image stabilizer).

Baca juga: Memotret Luzern, Kota Kecil nan Elok di Swiss dengan Oppo Find X2

Tran menjelaskan bahwa dual OIS ini berguna untuk membantu meningkatkan dynamic range dan overexposure saat memotret di ruangan cukup cahaya. Sedangkan di dalam gelap, fitur ini berguna untuk mereduksi noise sehingga gambar terlihat lebih jelas.

OIS ini tidak hanya mendukung di mode foto, tapi juga video. Di Find X2 Pro, Oppo juga menghadirkan mode ultra steady pro. Fitur ini hanya tersedia di versi Pro dan tidak ditemukan di Find X2 versi reguler.

KompasTekno sempat menjajal lebih dulu bagaimana kemampuan mode ultra steady pro ini sebelum diluncurkan Oppo secara resmi beberapa waktu lalu. Hasilnya, video yang direkam menggunakan mode tersebut terlihat lebih mulus dan minim goncangan.

Perbedaannya cukup jauh dibanding merekam video tanpa mengaktifkan mode ultra steady. DxOMARK juga memberikan poin plus untuk video berformat 4K yang disebut menghadirkan warna dan akurasi white balance yang baik terutama di luar ruangan.

Baca juga: Oppo Patenkan Nama Ponsel Flagship Baru, Penerus Find X?

Namun, menurut DxOMARK, kemampuan HDR untuk mengambil foto bokeh kurang memuaskan jika berada di dalam ruangan. Di perekaman video, DxOMARK juga memberikan catatan exposure yang kurang stabil.

Oppo Find X2 Pro dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera telefoto 13 MP dengan 10x hybrid zoom dan 60x digital zoom, kamera wide angle 48 MP, ToF, dan kamera ultrawide 48 MP.

Sementara di bagian depan tertanam kamera 32 megapiksel di dalam lubang kamera yang berada di pojok kiri atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com