Sanksi Menanti Penjual Masker Mahal di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee

Kompas.com - 09/03/2020, 12:08 WIB
ilustrasi masker shutterstockilustrasi masker
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah terkonfirmasinya virus corona ( Covid-19) di Indonesia, harga masker di pasaran meroket akibat tingginya permintaan masyarakat.

Hal itupun dimanfaatkan oleh oknum pedagang yang menjual masker dengan harga jauh lebih mahal dari biasanya melalui berbagai platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Bahkan harga masker yang dibanderol melonjak 10 kali lipat lebih tinggi dari harga normal.

Menanggapi hal tersebut, External Communication Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa apabila pengguna Tokopedia bisa langsung melaporkan apabila menemui masker dengan harga tak wajar.

Baca juga: Pantau Informasi Virus Corona di Indonesia Lewat Situs KawalCOVID19.id

"Kalau ada siapa pun yang menemukan adanya produk masker apa pun di Tokopedia dengan harga tinggi atau tidak wajar, laporkan saja langsung. Di sana ada fitur 'Laporkan' di setiap halaman produk, sampaikan kepada kami melalui fitur itu," ujar Ekhel.

Lebih lanjut,saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/3/2020), Ekhel menuturkan pihaknya akan memberikan sanksi berupa penundaan atau take down konten untuk merchant yang terbukti menjual masker dengan harga tinggi.

Senada dengan Ekhel, Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana Noverdi, juga mengatakan bahwa pihaknya akan menindak para penjual yang dengan sengaja memainkan harga masker pada platformnya.

"Di tengah situasi sekarang ini, jika terdapat penjualan produk masker dari mitra penjual yang
menaikkan harga dengan besaran yang tidak masuk akal, tim internal Shopee akan dengan segera menindaklanjutinya," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Shopee juga akan berkomunikasi dengan mitra-mitra penjual untuk memastikan bahwa harga masker yang dijual dapat sesuai dengan harga pasaran pada umumnya.

Baca juga: Hubungi Nomor WhatsApp Ini untuk Informasi Aktual Virus Corona

Tak hanya Tokopedia dan Shopee, platform toko online Bukalapak pun angkat bicara soal tindakan penjual yang menawarkan masker dengan harga tinggi tersebut.

Head of Corporate Communications Bukalapak, Intan Wibisono mengatakan bahwa pihaknya terus memantau dan akan menindak pelaku yang diketahui menjual masker dengan harga yang tidak wajar.

“Bukalapak akan menindak pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi demi meraup keuntungan tidak wajar dan menghalangi akses masyarakat untuk mendapatkan alat kesehatan," kata Intan melalui pesan singkat, Jumat (6/3/2020).

"Pelapak yang dilaporkan para pengguna menaikkan harga barang secara tidak wajar akan segera di-take down,” lanjutnya

Langkah itupun diambil guna meminimalisir niat penjual yang ingin memanfaatkan situasi untuk memperoleh keuntungan yang tidak wajar melalui penjualan masker dengan harga tinggi.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber kompas.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X