Begini Cara Instagram Menangkal Hoaks Virus Corona

Kompas.com - 09/03/2020, 13:26 WIB
KRAKOW, POLAND - 2018/09/07: Facebook and Instagram logos are seen trough a magnifying glass on an android mobile phone. (Photo by Omar Marques/SOPA Images/LightRocket via Getty Images) SOPA ImagesKRAKOW, POLAND - 2018/09/07: Facebook and Instagram logos are seen trough a magnifying glass on an android mobile phone. (Photo by Omar Marques/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

KOMPAS.com - Hoaks mengenai virus corona banyak beredar di media sosial. Instagram pun bernisiatif melakukan langkah-langkah untuk mencegah peredaran informasi palsu soal epidemi yang tengah berlangsung ini.

"Kami menghapus misinformasi yang merugikan tentang Covid-19," ujar pengelola jejaring soial itu lewat akun Twitter miliknya.

Baca juga: Pantau Informasi Virus Corona di Indonesia Lewat Situs KawalCOVID19.id

Instagram pun menampilkan notifikasi menuju referensi resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dan otoritas kesehatan setempat, ketika pengguna meng-klik tagar yang terkait dengan Covid-19.

Disebutkan pula bahwa Instagram akan meminta rekanan fact checker untuk memeriksa akurasi informasi dalam posting yang dicurigai misleading.

Tagar yang dipakai untuk menyebar hoaks dan iklan yang dinilai memanfaatkan keadaan juga bakal diblokir, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MobileSyrup, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Hubungi Nomor WhatsApp Ini untuk Informasi Aktual Virus Corona

Terakhir, Instagram mengatakan sedang mendiskusikan solusi jangka panjang untuk membantu orang-orang yang mencari informasi soal Covid-19 supaya bisa menemukan sumber kredibel.

Untuk sekarang, caranya masih sebatas menampilkan notifikasi berisi referensi ke sumber resmi saat pengguna meng-klik tagar saja. Namun, dalam beberapa pekan ke depan kemungkinan ada upaya baru yang akan diumumkan Instagram.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X