Joko Anwar Beri Tips Bikin Film Lewat Kamera Ponsel

Kompas.com - 09/03/2020, 16:13 WIB
Joko Anwar, saat ditemui di acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaJoko Anwar, saat ditemui di acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara ternama, Joko Anwar, membagikan tips untuk membuat film menggunakan kamera ponsel. Menurutnya, teknologi kamera pada ponsel generasi saat ini dinilai layak untuk membuat sebuah film pendek.

Misalnya ponsel Samsung Galaxy S20 series. Joko Anwar mengatakan, ponsel ini sudah memiliki sejumlah fitur penting untuk menghasilkan gambar yang apik.

Seperti kemampuan merekam gambar dalam resolusi 8K, hingga adanya fitur Super Steady agar video tetap stabil meski direkam dalam kondisi bergerak. 

"Fitur kamera dengan Super Steady dan kemampuan kamera di situasi minim cahaya juga penting untuk pengambilan footage yang apik," tutur Joko Anwar.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S20 Ultra, Tes Kamera dan Hasil Fotonya

Dia juga memberikan beberapa tips secara umum dalam proses pembuatan film menggunakan kamera ponsel. Menurutnya, sebelum membuat film, para movie maker harus memahami skenario yang sedang dibuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ia juga menyarankan kepada para pembuat film untuk selalu mencoba beragam angle saat mengambil gambar serta untuk menemukan gaya film yang khas.

Tak lupa, faktor lain seperti pemilihan resolusi kamera juga patut dipertimbangkan.

Sebab, ketika ukuran gambar yang dihasilkan melebihi ukuran layar, maka video yang dihasilkan harus disesuaikan dan dipotong.

Baca juga: Ernest Prakasa: Samsung Galaxy S20 Layak untuk Bikin Film Pendek

"Pengambilan gambar, pembelahan shoot yang baik serta pemilihan warna yang merupakan faktor-faktor dasar dalam pembuatan sebuah film," kata Joko Anwar dalam acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Untuk melakukan proses editing, Joko Anwar juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi Adobe Rush untuk memudahkan proses menyunting video melalui ponsel. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Galaxy Store di ponsel Samsung.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.