Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Game Super Langka Nintendo PlayStation Terjual Rp 5,2 Miliar

Kompas.com - 09/03/2020, 17:15 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pada 2019 lalu, muncul kabar bahwa sebuah prototipe konsol game Nintendo PlayStation bakal dilelang. Kini, perangkat hasil kolaborasi Sony dan Nintendo itu sudah laku lewat lelang online dengan harga 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 miliar.

Pembelinya adalah Greg McLemore, seorang kolektor memorabilia video game asal Los Angeles, Amerika Serikat. Angka di atas belum termasuk tambahan harga 20 persen dari nilai penjualan barang kategori premium.

Baca juga: PlayStation 2 Berumur 20 Tahun, Jadi Konsol Terlaris Sony

McLemore pun harus membayar 60.000 dollar ekstra (Rp 867 juta) sehingga total uang yang dikeluarkannya untuk menebus purwarupa konsol game itu mencapai Rp 5,2 miliar.

Prototipe Nintendo PlayStation adalah barang super langka yang hanya dibuat 200 buah pada 1991 lewat kemitraan Sony dan Nintendo. Perangkat ini tak ubahnya "Super NES yang dipasangi CD-ROM".

Dari semua yang pernah dibuat, disinyalir hanya satu buah yang masih ada, yakni yang dilelang dalam kesempatan itu. Sebanyak 199 sisanya diyakini sudah dimusnahkan tak lama setelah Nintendo dan Sony membatalkan kerjasamanya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNN, Senin (9/3/2020), Sony kemudian merilis konsol PlayStation pertama -tanpa kerja sama dengan Nintendo- pada tahun 1994. Konsol tersebut kemudian sukses besar di pasaran.

Nintendo PlayStation awalnya dimiliki oleh mantan CEO Sony Computer Entertainment Olaf Olafsson yang pindah ke Advanta Corporation tahun 1996.

Baca juga: Alienware Pamerkan Concept UFO, Laptop Gaming Mirip Nintendo Switch

Ketika Olafsson hengkang dari Advanta tahun 1999, dia meninggalkan barang-barangya di kantor, termasuk konsol ini, yang kemudian dilelang secara privat dan dibeli oleh pria bernama Terry Diebold dengan harga hanya 75 dollar AS (Rp 1 juta) pada 2009.

Sementara itu, McLemore, sang pemilik baru Nintendo PlayStation, adalah pebisnis berusia 50 tahun yang sempat menjual beragam domain populer, salah satunya pets.com, pada tahun 2000-an.

Pria berumur 50 tahun ini mengaku bahwa ia memang hobi mengumpulkan barang-barang lawas dalam kategori video game. Ada ratusan konsol game arcade serta produk video game "jadul" yang ia koleksi. Dia berniat membangun museum untuk memamerkan koleksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com