Oppo Watch Resmi Meluncur, Mirip Apple Watch Harga Rp 3 Juta

Kompas.com - 10/03/2020, 07:03 WIB
Oppo Watch The VergeOppo Watch

KOMPAS.com - Dalam peluncuran Oppo Find X2 dan Find X2 Pro Jumat (6/3/2020) lalu, Oppo juga meluncurkan arloji pintar ( smartwatch) pertamanya, Oppo Watch, sebagai upaya memposisikan diri sebagai pabrikan wearable.

Michael Tran, Head of Strategy & Product Marketing Oppo Western Europe mengatakan bahwa Oppo ingin dikenal sebagai perusahaan pengembang internet of thing (IoT), termasuk wearable device di dalamnya.

"Di acara Oppo Inno Day kemarin, kami menggelontorkan 6 miliar euro (Rp 98,2 triliun) untuk riset dan pengembangan (R&D) serta untuk mengembangkan 5G, IoT, cloud dan AI," kata Tran di panggung acara.

Baca juga: Xiaomi Diam-diam Luncurkan Jam Tangan Pintar Watch Color

Seperti banyak disebut dalam rumor yang beredar sebelumnya, penampilan Oppo Watch sekilas mirip dengan Apple Watch. Terutama pada layar berbentuk persegi yang melengkung di pinggir.

Antarmuka smartwatch yang bernuansa hitam juga sepintas mengingatkan pada antarmuka Apple Watch. Namun dari segi spesifikasinya tentu berbeda.

Layar Oppo Watch berukuran 1,91 inci berpanel OLED dengan resolusi 402 x 473. Seperti kebanyakan smartwatch di pasaran, Oppo Watch juga memiliki fitur pelacak aktivitas olahraga, pemutaran musik, pengawas detak jantung, dan sebagainya.

Oppo juga mengklaim arloji pintarnya bisa tahan air di kedalaman hingga 5 meter. Untuk konektivitas, Oppo Watch mendukung fitur e-SIM.

Vendor asal China ini menyematkan teknologi pengisian daya VOOC fast charging serupa di smartphone Oppo untuk smartwatch-nya.

Oppo mengklaim proses pengisian daya selama 15 menit bisa memenuhi daya hingga 46 persen, dan butuh waktu 75 menit untuk mengisi daya penuh.

Baca juga: Samsung Resmikan Galaxy Watch Active 2 di Indonesia, Harganya?

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/3/2020), baterai Oppo Watch diklaim awet selama 40 jam dalam penggunaan biasa. Jika diatur ke mode power-saving atau hemat daya, baterainya diklaim bisa bertahan hingga 21 hari.

Untuk OS, Oppo hanya mengatakan bahwa Oppo Watch menggunakan software berbasis Android. Namun tidak disebutkan secara gamblang software apa yang dimaksud, apakah standar Wear OS buatan Google atau rancangan Oppo sendiri.

Oppo juga mengatakan software Oppo Watch yang dipasarkan di beberapa negara bisa jadi berbeda.

Oppo Watch sendiri mulai dijual di China pada 24 Maret mendatang, dengan banderol harga 1.499 yuan (Rp 3,1 jutaan).



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X