Redmi Sukses Pasang Sensor Sidik Jari di Layar Ponsel LCD

Kompas.com - 10/03/2020, 09:13 WIB
ilustrasi In Display Fingerprint androidcentral.comilustrasi In Display Fingerprint

KOMPAS.com -  Redmi, sub-brand ponsel dari Xiaomi, mengklaim berhasil menyematkan sensor In-Display Fingerprint pada layar LCD ponsel buatannya.

Perlu diketahui bahwa In-Display Fingerprint atau pemindai sidik jari yang terintegrasi dalam layar, selama ini baru bisa diintegrasikan pada layar ponsel berbahan OLED.

Namun baru-baru ini, Vice President and General Manager of Redmi China, Lu Weibing mengonfirmasi bahwa teknologi In-Display Fingerprint dapat bekerja pada ponsel dengan layar LCD.

Baca juga: Begini Cara Mengunci WhatsApp Pakai Sidik Jari

Melalui video pendek berdurasi 15 detik yang dibagikan, menunjukkan bagaimana pemindai sidik jari dalam layar itu bekerja normal di layar LCD prototipe Redmi Note 8 Pro, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Selasa (10/3/2020).

Dalam video tersebut juga dijelaskan bahwa terdapat infra red (IR) blaster di belakang layar, yang memancarkan cahaya inframerah. Lapisan film dengan transmitansi tinggi dipakai Redmi di lapisan layar, sehingga memungkinkan cahaya inframerah melewati layar.

Cahaya inframerah tersebut kemudian akan mencapai sidik jari, dan dipantulkan kembali ke sensor sidik jari di balik layar.

Video itu juga menunjukkan performa pemindai sidik jari berbasis inframerah di layar LCD sama cepatnya dengan layar OLED, mulai dari registrasi sidik jari sampai proses membuka kunci layar pun terlihat cepat.

Baca juga: Xiaomi Pamer Sensor Pemindai Sidik Jari di Sembarang Tempat

Kehadiran teknologi In-Display Fingerprint di layar LCD ini merupakan terobosan baru bagi Redmi, yang diharapkan mampu membawa teknologi tersebut di lini ponsel kelas entry-level.

Meski begitu, belum diketahui secara detail ponsel Redmi apa saja yang akan mengadopsi teknologi In-Display Fingerprint tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan ponsel dengan fitur tersebut bakal hadir tahun ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X