Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redmi Sukses Pasang Sensor Sidik Jari di Layar Ponsel LCD

Kompas.com - 10/03/2020, 09:13 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Redmi, sub-brand ponsel dari Xiaomi, mengklaim berhasil menyematkan sensor In-Display Fingerprint pada layar LCD ponsel buatannya.

Perlu diketahui bahwa In-Display Fingerprint atau pemindai sidik jari yang terintegrasi dalam layar, selama ini baru bisa diintegrasikan pada layar ponsel berbahan OLED.

Namun baru-baru ini, Vice President and General Manager of Redmi China, Lu Weibing mengonfirmasi bahwa teknologi In-Display Fingerprint dapat bekerja pada ponsel dengan layar LCD.

Baca juga: Begini Cara Mengunci WhatsApp Pakai Sidik Jari

Melalui video pendek berdurasi 15 detik yang dibagikan, menunjukkan bagaimana pemindai sidik jari dalam layar itu bekerja normal di layar LCD prototipe Redmi Note 8 Pro, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Selasa (10/3/2020).

Dalam video tersebut juga dijelaskan bahwa terdapat infra red (IR) blaster di belakang layar, yang memancarkan cahaya inframerah. Lapisan film dengan transmitansi tinggi dipakai Redmi di lapisan layar, sehingga memungkinkan cahaya inframerah melewati layar.

Cahaya inframerah tersebut kemudian akan mencapai sidik jari, dan dipantulkan kembali ke sensor sidik jari di balik layar.

Video itu juga menunjukkan performa pemindai sidik jari berbasis inframerah di layar LCD sama cepatnya dengan layar OLED, mulai dari registrasi sidik jari sampai proses membuka kunci layar pun terlihat cepat.

Baca juga: Xiaomi Pamer Sensor Pemindai Sidik Jari di Sembarang Tempat

Kehadiran teknologi In-Display Fingerprint di layar LCD ini merupakan terobosan baru bagi Redmi, yang diharapkan mampu membawa teknologi tersebut di lini ponsel kelas entry-level.

Meski begitu, belum diketahui secara detail ponsel Redmi apa saja yang akan mengadopsi teknologi In-Display Fingerprint tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan ponsel dengan fitur tersebut bakal hadir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com