Begini Hasil Jepretan Kamera Ponsel Oppo Reno3

Kompas.com - 10/03/2020, 13:51 WIB
Bagian belakang body Oppo Reno 3 Putri Zakia Salsabila/Kompas.comBagian belakang body Oppo Reno 3

JAKARTA, KOMPAS.com -  Oppo berencana meluncurkan Reno3 di Indonesia, sekitar pertengahan bulan ini. Ponsel kelas menengah tersebut mengunggulkan aspek kamera yang dibekali sejumlah fitur pendukung.

Misalnya, Ultra Dark Mode untuk memotret dalam keadaan gelap. Ada juga mode Super Macro untuk memotret dalam jarak sangat dekat, hingga 3 cm, dan 5x hybrid zoom untuk mengabadikan obyek foto di kejauhan.

Baca juga: Oppo Reno3 Segera Masuk Indonesia Bulan Ini

Ada empat kamera yang bertengger di punggung Reno 3, terdiri dari kamera utama (wide) 48 MP, kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), kamera telephoto 13 MP (2x optical zoom, f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP.

Meski memiliki optical zoom hanya 2x, tingkat pembesaran kamera telephoto bisa ditingkatkan hingga mencapai 5x lewat hybrid zoom, yakni gabungan optical zoom dan magnifikasi digital. Sementara itu, lensa ultra wide memiliki bidang pandang 119 derajat.

Perbedaan bidang pandang kamera ultra wide, wide, dan 5x hybrid zoom di Oppo Reno3KOMPAS.com/ PUTRI ZAKIA SALSABILA Perbedaan bidang pandang kamera ultra wide, wide, dan 5x hybrid zoom di Oppo Reno3

Untuk pemotretan dalam kondisi gelap, Reno3 menyediakan fitur khusus bernama Ultra Dark Mode yang akan aktif secara otomatis ketika ponsel mendeteksi tingkat cahaya berada di bawah 5 lux.

Ultra Dark Mode menggabungkan algoritma kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI), HDR, dan pengurangan noise untuk mengoptimalkan hasil gambar di situasi low light.

KompasTekno sempat menjajalnya dalam acara Reno3 Experience di Jakarta, Senin (9/3/2020) kemarin. Hasil jepretannya bisa dilihat di bawah.

Hasil foto Oppo Reno 3 dengan Ultra Dark ModePutri Zakia Salsabila/Kompas.com Hasil foto Oppo Reno 3 dengan Ultra Dark Mode

Contoh hasil foto macro dari kamera ponsel Oppo Reno3KOMPAS.com/ PUTRI ZAKIA SALSABILA Contoh hasil foto macro dari kamera ponsel Oppo Reno3
Uniknya, meski kamera utama (wide) "hanya" beresolusi 48 MP, Reno3 bisa menghasilkan foto dengan resolusi mencapai 108 MP. Ini dilakukan dengan teknik menggabungkan beberapa foto menjadi satu, alias stitching.

Untuk mengaktifkan mode 108 MP, pengguna Reno3 terlebih dahulu harus membuka mode pemotretan "Pro" yang biasa dipakai untuk mengatur aneka parameter pemotretan secara manual.

Baca juga: Ada yang Beda dari Oppo Reno3 Versi Indonesia

Kemudian, di sisi antarmuka kamera akan munucul pilihan berbunyi "XHD". Inilah yang harus diaktifkan untuk mendapatkan foto dengan resolusi 108 MP.

Mode Super Macro memanfaatkan kamera ultra wide 8 MP di Reno 3 untuk melakukan pemotretan dalam jarak sangat dekat, hanya beberapa cm dari kamera ponsel. Contohnya seperti dalam foto di samping.

Hasil jepretan mode 108 MP Ultra Clear Image dan Macro LensKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Hasil jepretan mode 108 MP Ultra Clear Image dan Macro Lens

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X