Apple Terangkan Cara Tepat untuk Membersihkan iPhone dari Kuman

Kompas.com - 10/03/2020, 20:22 WIB
ilustrasi Apple reuters.comilustrasi Apple
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Saat ini penyebaran wabah virus corona menjadi perhatian penting terutama penularan bisa terjadi lewat benda sehari-hari yang terpapar virus, termasuk ponsel yang kita pegang.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus, baru-baru ini Apple memperbarui ketentuan soal cara membersihkan iPhone di situsnya.

Baca juga: Rajin Bersihkan Ponsel Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Para pengguna kini "dibolehkan" membersihkan iPhone dengan pembersih yang mengandung isopropyl alcohol 70 persen atau tisu disinfektan.

"Jaga agar jangan sampai cairan masuk ke celah-celah perangkat dan jangan cemplungkan perangkat Apple Anda ke cairan pembersih," tulis Apple.

Padahal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (10/3/2020), sebelum virus corona mewabah, Apple sempat berbeda sikap soal bersih-bersih perangkatnya.

Keterangan di laman Apple itu sebelumnya berbunyi "produk pembersih dan bahan abrasif bisa mempengaruhi lapisan coating dan membuat iPhone lebih rentan terhadap goresan".

Tentu saja, langkah awal yang mesti dilakukan sebelum membersihkan iPhone adalah mencabut kabel dan mematikan perangkat.

Baca juga: Google Hapus Video Hoaks Jamu Obat Corona di YouTube

Apple merinci bagaimana sebaiknya membersihkan tiap model iPhone, mulai dari seri iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 7, hingga jajaran iPhone 11 dan 11 Pro terbaru.

Cara-cara tepat selengkapnya bisa dibaca di laman Apple di tautan berikut.

Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, mengatakan
tidak ada bukti bahwa virus corona terbang atau menular lewat udara, sehingga memakai masker sebenarnya tidak efektif mencegah penularan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, menurut Mak, adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, mencuci benda dengan sabun atau alkohol, serta membersihkan benda yang paling sering disentuh, salah satunya adalah ponsel.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber phonearena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X