Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Terangkan Cara Tepat untuk Membersihkan iPhone dari Kuman

Kompas.com - 10/03/2020, 20:22 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber phonearena

KOMPAS.com - Saat ini penyebaran wabah virus corona menjadi perhatian penting terutama penularan bisa terjadi lewat benda sehari-hari yang terpapar virus, termasuk ponsel yang kita pegang.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus, baru-baru ini Apple memperbarui ketentuan soal cara membersihkan iPhone di situsnya.

Baca juga: Rajin Bersihkan Ponsel Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Para pengguna kini "dibolehkan" membersihkan iPhone dengan pembersih yang mengandung isopropyl alcohol 70 persen atau tisu disinfektan.

"Jaga agar jangan sampai cairan masuk ke celah-celah perangkat dan jangan cemplungkan perangkat Apple Anda ke cairan pembersih," tulis Apple.

Padahal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (10/3/2020), sebelum virus corona mewabah, Apple sempat berbeda sikap soal bersih-bersih perangkatnya.

Keterangan di laman Apple itu sebelumnya berbunyi "produk pembersih dan bahan abrasif bisa mempengaruhi lapisan coating dan membuat iPhone lebih rentan terhadap goresan".

Tentu saja, langkah awal yang mesti dilakukan sebelum membersihkan iPhone adalah mencabut kabel dan mematikan perangkat.

Baca juga: Google Hapus Video Hoaks Jamu Obat Corona di YouTube

Apple merinci bagaimana sebaiknya membersihkan tiap model iPhone, mulai dari seri iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 7, hingga jajaran iPhone 11 dan 11 Pro terbaru.

Cara-cara tepat selengkapnya bisa dibaca di laman Apple di tautan berikut.

Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, mengatakan
tidak ada bukti bahwa virus corona terbang atau menular lewat udara, sehingga memakai masker sebenarnya tidak efektif mencegah penularan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, menurut Mak, adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, mencuci benda dengan sabun atau alkohol, serta membersihkan benda yang paling sering disentuh, salah satunya adalah ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber phonearena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com