Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Bertahan di Dua Besar Vendor Smartphone Indonesia

Kompas.com - 12/03/2020, 10:00 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Dalam acara peluncuran Vivo V19 di Jakarta, Selasa (10/3/2020), Vivo turut mengumumkan pencapaiannya sebagai merek ponsel terbesar kedua di Indonesia pada kuartal IV-2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma yang menyebut bahwa pencapaian itu didasarkan pada laporan terkini yang dirilis oleh firma riset pasar IDC.

"Data terbaru dari IDC menunjukkan bahwa kami (Vivo) kembali menjadi top 2 smartphone di Indonesia, ini tentu saja tidak lepas dari dukungan konsumen setia Vivo," ujar Edy saat menyampaikan pengumuman di panggung acara.

Edy tidak mengungkap raihan pangsa pasar Vivo pada kuartal IV-2019.

Sebelumnya, pada kuartal III-2019, Vivo juga menjadi merek ponsel terbesar kedua di Indonesia berdasarkan riset IDC, dengan pangsa pasar sebesar 22,8 persen.

Baca juga: Alasan di Balik Tumbangnya Samsung oleh Vivo di Indonesia

Sementara di tingkat global, Vivo masuk daftar lima merek ponsel terbesar dunia berdasarkan laporan firma riset pasar lain, Counterpoint Research, pada kuartal IV-2019.

Data Counterpoint turut menunjukkan bahwa Vivo berada di urutan kedua di pasar smartphone untuk wilayah Asia dengan market share 15 persen.

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam acara peluncuran Vivo V19 di Jakarta (10/3/2020)KOMPAS.com/ConneyStephanie Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam acara peluncuran Vivo V19 di Jakarta (10/3/2020)

Menurut Vivo, kesuksesannya menembus lima besar pasar ponsel global dan nomor dua di Asia antara lain didukung oleh rilis produk-produk ponsel 5G di China hingga menguasai pasar, juga memperkuat posisi di berbagai negara.

Terkait pencapaian di Indonesia dan global, Edy mengatakan, visi jangka panjang Vivo dalam
menjangkau konsumen disesuaikan dengan tren di industri dan kebutuhan konsumen
di setiap wilayah pasar, termasuk Indonesia.

Baca juga: Vivo Perluas Layanan Servis Kilat ke Luar Jawa

"Kami ingin menghadirkan produk dengan teknologi inovasi yang relevan dan inklusif yang menjangkau variasi segmen pasar, komitmen ini yang akan kami perkuat di tahun 2020,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (12/3/2020).

Indonesia diakui adalah salah satu pasar yang paling penting untuk Vivo. Ini ditunjukkan lewat rangkaian komitmen Vivo di Indonesia, seperti membangun fasilitas produksi terbesar di Asia Tenggara untuk memenuhi permintaan domestik.

Sejak debutnya di Indonesia pada 2014, Vivo telah merilis bermacam produk untuk mengisi berbagai segmen, seperti Y-Series, Z-Series, S-Series, dan V-Series. Selain itu, Vivo turut memperkuat layanan purnajual dan platformpenjualannya di Indonesia.

Baca juga: Deretan Fitur di Vivo V19 untuk Mempercantik Jepretan Selfie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com