Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Mobile Kini Berubah Haluan Jadi Operator Seluler

Kompas.com - 12/03/2020, 14:14 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada tahun 2016 lalu, perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, Verizon, secara resmi mengakuisisi Yahoo Inc. Verizon pun kini meluncurkan sebuah sub-brand baru bernama Yahoo Mobile

Berbeda dengan Yahoo yang selama ini dikenal, Yahoo Mobile tidak bergerak pada layanan mesin pencari, e-mail, atau direktori.

Yahoo Mobile merupakan operator seluler yang menggunakan model bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO).

Sebagai penyelenggara MVNO, Yahoo Mobile akan menggunakan infrastruktur milik Verizon yang sudah tersedia di Amerika Serikat. Dengan demikian, Yahoo Mobile tidak perlu lagi menggelar infrastruktur jaringan secara mandiri. 

Secara struktur, Yahoo Mobile sejajar dengan layanan Yahoo lainnya seperti Yahoo Mail, Yahoo Search, atau Yahoo Weather. 

Berdasarkan halaman resmi Yahoo Mobile, operator telekomunikasi ini menyediakan paket internet unlimited dengan harga 40 dollar AS (Rp 580.000) per bulan.

Baca juga: Yahoo Masih Intip Isi E-mail untuk Dijual ke Pengiklan

Dengan harga ini, pengguna akan dapat menikmati internet 4G, SMS, dan panggilan telepon tanpa batasan. Adapun kecepatan internet yang ditawarkan disebut bisa mencapai 12 Mbps (download) dan 5 Mbps (upload).

"Semua yang Anda sukai ada di ujung jari Anda. Paket data, SMS, dan panggilan tanpa batas, semuanya di Jaringan 4G LTE Verizon, ditambah hotspot seluler untuk berbagi data dengan perangkat lain," tulis pihak Yahoo Mobile.

Tangkapan layar situs Yahoo Mobile.AndroidPolice Tangkapan layar situs Yahoo Mobile.

Internet unlimited ini juga bisa dibagikan kepada perangkat lain melalui hotspot atau tethering. 

Namun, Yahoo Mobile membatasi hanya satu perangkat yang dapat terhubung dengan hotspot tersebut. Itu pun kecepatan download-nya hanya terbatas hingga 5 Mbps. 

Selain layanan internet unlimited, pelanggan Yahoo Mobile juga akan mendapatkan benefit Yahoo Mail Pro, atau akses e-mail tanpa iklan (ad-free), serta tambahan cloud storage sebesar 1 TB.

Perlu dicatat, untuk menggunakan layanan operator Yahoo Mobile, pengguna harus memiliki akun Yahoo untuk mendapatkan benefit tersebut.

Baca juga: Yahoo Messenger Resmi Ditutup, Begini Cara Unduh Chat Lama

"Kami adalah satu-satunya paket internet yang memberi Yahoo Mail Pro untuk email bebas iklan di semua perangkat," tulis pihak Yahoo Mobile. 

Bagi yang belum memiliki ponsel, pihak Yahoo juga menawarkan bundling Yahoo Mobile dengan sejumlah smartphone terbaru, seperti Google Pixel 4, iPhone 11 Pro, Samsung Galaxy S10e, Motorola Moto Z4, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, Yahoo Inc. diakuisisi oleh Verizon pada 2016 lalu. 

Kala itu, keduanya menandatangani kesepakatan di mana Verizon mengambil alih operasi bisnis utama Yahoo dengan nilai 4,83 miliar dollar AS (sekitar Rp 63 triliun) secara tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com