Ponsel Lipat Murah Escobar Fold 2 Dikuliti, Ternyata Buatan Samsung

Kompas.com - 14/03/2020, 16:50 WIB
Samsung Galaxy Fold (kiri) dan Escobar Fold 2 (kanan). YouTube/MarquessBrownleeSamsung Galaxy Fold (kiri) dan Escobar Fold 2 (kanan).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Roberto Escobar belakangan membuat sensasi di dunia teknologi. Kakak laki-laki dari gembong narkoba Pablo Escobar itu merilis ponsel lipat dengan harga murah meriah, yakni Escobar Fold 2, lewat perusahaan bernama Escobar Inc.

Di situsnya, Escobar Inc. sesumbar bahwa Escobar Fold 2 akan menjadi " Samsung killer", mungkin mengacu pada ponsel lipat Galaxy Fold yang dijual jauh lebih mahal. "Rest in Peace, Samsung. Pablo selalu menang," tulis Escobar Inc.

Namun, Escobar Fold 2 sendiri ternyata ponsel bikinan Samsung, tak lain dan tak bukan adalah Galaxy Fold. Hal ini ditemukan oleh YouTuber Marquess Brownlee alias MKBHD yang "menguliti" ponsel tersebut dalam sebuah video di kanalnya.

Baca juga: Escobar Fold 1 Meluncur, Ponsel Lipat Murah dari Keluarga Gembong Narkoba

Rasa penasaran MKBHD terpicu lantaran tampilan fisik Escobar Fold 2 memang sangat mirip Galaxy Fold. Apalagi, spesifikasi ponsel tersebut, yang tercantum di situs Escobarinc.com, memang sama persis dengan Galaxy Fold.

Stiker engsel Escobar Fold 2 yang dikupas, menunjukkan logo Samsung.YouTube/MarquessBrownlee Stiker engsel Escobar Fold 2 yang dikupas, menunjukkan logo Samsung.
Benar saja, ketika kulit stiker yang melapisi Escobar Fold 2 dikupas, identitas asli dari ponsel lipat itu pun terungkap. Nama "Samsung" ada di baliknya.

Sebagaimana bisa dilihat pada tangkapan layar dari video MKBHD di samping, pada bagian engselnya terdapat logo "Samsung" yang posisinya, dan juga jenis teksnya, sama dengan Galaxy Fold.

Punggung aslinya juga sebenarnya bukan berwarna emas, melainkan berwarna hitam atau salah satu varian Galaxy Fold yang bernama Cosmo Black.

Menariknya, meski identik dari segi fisik, harga Escobar Fold 2 jauh lebih murah dibanding Galaxy Fold.

Ponsel lipat Escobar dijual dengan harga 400 dollar AS (Rp 5,9 juta) sementara ponsel lipat Samsung memiliki banderol 1.980 dollar AS (Rp 29,2 juta).

Belum diketahui pasti mengapa Escobar Inc. bisa menjual perangkat dengan layar fleksibel tersebut dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Namun, MKBHD berspekulasi bahwa banderol itu hanya akal-akalan saja.

Menurut MKBHD, Escobar Inc. hanya mengirimkan ponsel order ponsel Escobar Fold 2 bagi beberapa selebriti, YouTuber, atau orang terkenal lainnya, seperti dia sendiri, yang dirasa bisa membantu promosi perangkat tersebut.

Bagaimana dengan konsumen biasa yang memesan Escobar Fold 2? Masih menurut Brownlee, kemungkinan mereka tidak akan dikirimi ponsel lipat itu, uang pun tak kembali alias menjadi korban penipuan. Mungkin inilah alasan di balik harga murah tak wajar tadi.

Baca juga: Bukan Dari Samsung atau Huawei, Inilah Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Escobar Inc. sebelumnya sempat merilis ponsel lipat generasi pertama bernama Escobar Fold 1. Namun, MKBHD mengatakan ponsel itu aslinya merupakan ponsel lipat Royole Flexpai yang ditempeli stiker berwarna emas, sama saja palsunya dengan Escobar Fold 2.

Video MKBHD yang menguak identitas ponsel lipat Escobar Fold 2 bisa disimak di tautan berikut.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X