Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik karena Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 13:01 WIB
Telkomsel Reska K. Nistanto/KOMPAS.comTelkomsel

KOMPAS.com - Jumlah kasus corona di Indonesia semakin meningkat. Sejumlah kepala daerah pun mengimbau warganya untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan mengalihkan kegiatan belajar di rumah.

Beberapa perkantoran juga mengambil kebijakan dengan mengimbau agar para pegawainya bekerja dari rumah untuk mengurai kepadatan di satu tempat.

Menanggapi hal ini, Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik.

"Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait," tulis Telkomsel melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (16/3/2020).

Layanan pelanggan di GraPARI juga masih beroperasi seperti biasa. Namun, Telkomsel akan memberlakukan beberapa prosedur bagi pelanggan yang mengunjungi GraPARI di seluruh Indonesia.

Pelanggan harus melalui pemeriksaan suhu tubuh lebih dulu sebelum memasuki gerai. Petugas juga akan menyediakan hand sanitizer, sabun cair, dan masker bagi pelanggan yang membutuhkan.

Selain dari segi pelayanan, Telkomsel juga menerapkan kebijakan untuk internal, merespons penyebaran virus corona.

Baca juga: Microsoft Gandeng Telkomsel Kembangkan IoT dan AI di Indonesia

 

Seperti penyediaan pelayanan kesehatan, penyemprotan disinfektan di seluruh ruang kerja, perlengkapan verifikasi, prosedur kunjungan tamu, hingga kebijakan tugas dinas karyawan.

Operator seluler pelat merah ini juga memberlakukan proses kerja jarak jauh (remote) untuk membagi konsentrasi berkumpulnya karyawan, dengan pembagian lokasi bekerja di beberapa kantor cabang.

Selain itu, Telkomsel juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dengan menghadirkan perangkat Contact Line CloudX.

Layanan berbasis Cloud ini akan dimanfaarkan untuk mendukung kebutuhan informasi (call center) di pusat informasi posko Tangga Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta.

Telkomsel mengatakan akan membantu pemerintah dalam mengkomunikasikan waspada COVID-19 kepada masyarakat melalui media informasi yang dimiliki. 

Hingga 14 Maret 2020, tercatat 96 kasus positif corona di Indonesia, delapan orang dinyatakan sembuh, dan 5 orang meninggal dunia.

Baca juga: Telkomsel Terbaik dan Smartfren Tercepat versi nPerf

KompasTekno pun sudah meminta keterangan dari operator lain, terkait antisipasi lonjakan trafik sebagai imbas dari persebaran corona ini. Namun, kami belum mendapatkan respon dari operator lainnya. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X